Dark/Light Mode

Makin Rajin ``Kampanye``

Ganjar Dan Anies Makin Rajin Ke Luar Kandang

Minggu, 10 April 2022 06:25 WIB
Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan (kiri) dan Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo (kanan).
Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan (kiri) dan Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo (kanan).

 Sebelumnya 
Lagi pula, kata dia, kegiatan yang dilakukan Anies di luar jam kerjanya sebagai Gubernur DKI Jakarta. “Jadi, saya kira sah saja,” lanjutnya.

Pengamat politik dari Universitas Al-Azhar Indonesia, Ujang Komarudin menilai kunjungan Ganjar dan Anies ke berbagai daerah sebagai hal yang biasa. Namun, safari Ramadan itu, kata dia, tentu tidak bisa dilepaskan begitu saja dari nuansa politik. Apalagi, keduaya merupakan kepala daerah yang punya elektabilitas tinggi dan pendukung yang banyak.

Baca juga : Ganjar Makin Jauh Tinggalkan Puan

“Di dunia politik kan harus pandai memanfaatkan momentum. Bulan Ramadan ini momentum mereka mendekatkan dan meraih simpati pemilih, tebar pesona,” kata Ujang, kemarin.

Karena itu, Ujang mengaku tidak heran apabila ada sejumlah tokoh yang mengisi ceramah atau rajin menyapa warga di luar provinsinya. Anies yang dipersepsikan paling dekat dengan irisan pemilih Islam, pasti memanfaatkan momentum ini.

Baca juga : PKB Mau Rebut Kandang Banteng

“Tokoh yang lain juga mulai gencar mengidentifikasikan diri dalam kelompok Islam. Semua berpeluang, tinggal kemasannya dan penyajiannya saja, siapa yang paling menarik,” jelasnya. “Dan saya tidak melihat kegiatan mereka sebagai kampanye terselubung yang melanggar,” sambungnya.

Hal senada juga disampaikan pengamat politik Universitas Paramadina, Hendri Satrio. Di sisa waktu 2 tahun lagi menjelang Pemilu 2024, wajar tokoh yang digadang-gadang bakal maju makin tebar pesona. Bulan Ramadan, kata dia, momentum yang pas untuk keluar kandang dan tebar pesona.

Baca juga : Survei Capres Sepi Kejutan

Menurut dia, langkah Ganjar dan Anies berkeliling ini bisa berdampak pada elektabilitasnya. Saat ini, elektabilitas kedua nama itu bersaing ketat.

Hendri mengatakan, setiap tokoh yang berniat jadi capres memang harus memperlihatkan kinerjanya kepada publik. Agar publik bisa punya gambaran seperti apa tokoh yang akan maju di pilpres nanti. “Jadi publik akan punya bayangan seperti apa Indonesia nanti jika Anies atau Ganjar jadi presiden,” pungkasnya. [BCG]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.