Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Musim Haji Sebentar Lagi, Prof. Tjandra Ingatkan 3 Hal Penting Ini, Nomor Satu Vaksinasi Covid

Selasa, 12 April 2022 10:53 WIB
Prof. Tjandra Yoga Aditama (Foto: Istimewa)
Prof. Tjandra Yoga Aditama (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Keputusan Arab Saudi menerima 1 juta jemaah pada musim haji tahun ini, disambut gembira oleh banyak pihak. Termasuk, calon jemaah haji Indonesia.

Terkait hal tersebut, mantan Direktur WHO Asia Tenggara Prof. Tjandra Yoga Aditama mengimbau calon jemaah untuk mempersiapkan kondisi fisik jelang pelaksanaan ibadah haji, 2 atau 3 bulan lagi.

Menurutnya, ada 3 persiapan yang harus dilakukan sejak sekarang.

Dalam hal ini, Prof. Tjandra memandang penting kejelasan soal jenis vaksin yang disetujui Arab Saudi.

Baca juga : Tak Hanya Ucapkan Selamat Puasa, Jokowi Juga Ingatkan Masyarakat Untuk Lengkapi Vaksinasi

"Para calon jamaah tentu harus mendapat vaksin. Kalau vaksin yang sudah diterima, sesuai dengan aturan Arab Saudi, maka tentu tidak masalah. Tapi, kalau berbeda, perlu vaksinasi ulang. Mumpung masih ada cukup waktu, maka harus dilakukan segera," kata Prof. Tjandra dalam keterangannya, Selasa (12/4).

Mantan Kepala Klinik Haji Indonesia di Mekkah ini juga menyarankan calon jemaah yang sudah mendapat vaksinasi lengkap, agar segera di-booster.

"Sekalipun tidak dipersyaratkan pemerintah Arab Saudi, vaksinasi booster tentu akan memberi perlindungan lebih lengkap bagi jemaah haji kita," terangnya.

Kedua, persiapan terkait penyakit penyerta atau komorbid pada calon jamaah. Dalam hal ini, Prof. Tjandra mengingatkan pentingnya identifikasi penyakit dan bagaimana situasinya.

Baca juga : Pemudik Berkendaraan Pribadi Bakal Diperiksa Acak Status Vaksinasinya

"Misalnya, harus dicek ada tidaknya hipertensi, serta berapa tinggi sistolik dan diastoliknya. Termasuk ada tidaknya diabetes mellitus, dan berapa kadar gulanya," jelas Direktur Pasca Sarjana Universitas YARSI/Guru Besar FKUI ini.

Selanjutnya, perlu dilakukan perubahan pola hidup yang perlu dilakukan sejak sekarang ini. Misalnya diet atau latihan tertentu.

Soal obat-obatan,  juga perlu diperhatikan. Harus dicek, apakah ada obat yang perlu dikonsumsi sejak sekarang dan nanti, ketika sudah berangkat ke Arab Saudi.

Ketiga, persiapan terkait kondisi fisik. Jemaah harus berupaya meningkatkan daya tahan tubuh.

Baca juga : Prof Tjandra Beberkan 7 Efektivitas Vaksin Covid-19

"Sekarang kita sedang menjalani ibadah puasa. Tentu, kita harus berbuka puasa dan sahur dengan makanan bergizi. Pola hidup sehat harus terus diterapkan, serta melakukan aktivitas fisik dan olahraga yang memadai. Baik di bulan Ramadhan ini maupun sesudah Idul Fitri," pungkas mantan Ketua Pengawasan dan Pengendalian (Wasdal) Kesehatan Haji Indonesia. [HES]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.