Dark/Light Mode

Pertahankan, Penanganan Covid Terus Membaik, Ekonomi Pulih

Minggu, 17 April 2022 07:05 WIB
Relawan mengenakan kostum superhero sambil membawa poster untuk mengajak warga vaksinasi Covid-19 di Bandara Adi Soemarmo, Boyolali, Jawa Tengah, (12/4/2022). (ANTARA/Aloysius Jarot Nugroho/tom).
Relawan mengenakan kostum superhero sambil membawa poster untuk mengajak warga vaksinasi Covid-19 di Bandara Adi Soemarmo, Boyolali, Jawa Tengah, (12/4/2022). (ANTARA/Aloysius Jarot Nugroho/tom).

RM.id  Rakyat Merdeka - Membaiknya penanganan Covid-19 di Indonesia disambut gembira netizen. Diharapkan, hal ini menjadi pertanda Indonesia bisa segera keluar dari pandemi dan hidup normal seperti dulu.

Akun @lawancovid19_id membeberkan, setidaknya ada 6 indikator penanganan Covid-19 terus membaik. Yaitu, tren kasus positif mingguan nasional yang turun 7 minggu bertu­rut-turut pasca puncak gelombang ketiga.

Penanganan Covid-19

Kemudian, kasus aktif nasional juga menu­run signifikan 6 minggu terakhir. Ada juga tren penurunan angka kematian 5 minggu berturut-turut diikuti tren pemulihan yang kembali meningkat.

Baca juga : AP I Prediksi Lonjakan Penumpang Lebaran 452 Persen

Tingkat BOR (bed occupancy ratio/tingkat rawat inap) nasional turun signifikan dari 40 persen saat puncak ketiga, menjadi sekitar 4 persen saat ini. Dan, positivity rate (jumlah orang terdeteksi positif dari hasil testing) yang menunjukkan tren penurunan signifikan.

“Mari tetap disiplin protokol kesehatan (prokes), yakni memakai masker yang benar, menghindari kerumunan, mencuci tangan pakai sabun, dan segera divaksin jika giliran­nya tiba,” ungkap @lawancovid19_id.

Akun @Pencerah__ berharap penanganan Covid-19 yang terus membaik bisa diper­tahankan. Caranya, kata dia, dengan selalu mematuhi protokol kesehatan dan mensukses­kan program vaksinasi nasional yang sedang digalakkan.

Baca juga : Beban Puncak Listrik Makin Meningkat, Ekonomi Sudah Pulih

“Penurunan kasus dan indikator penanganan Covid-19 yang semakin membaik, perlu bagi kita untuk mempertahankan tren ini secara konsisten agar pandemi segera kita lalui,” timpal @AsSyarifah_.

Akun @BDKPontianak berharap, membai­knya penanganan Covid-19 menjadi pertanda Indonesia bisa segera ke luar dari pandemi. Kondisi ini juga membantu perekonomian kembali pulih.

“Tapi, kita masih menghadapi hal yang tak pasti. Semoga tahun depan pandemi berubah menjadi endemi,” tuturnya.

Baca juga : Mahfud: Nyatanya, Penanganan Covid RI Lebih Baik Dibanding AS

Akun @mamavanenbas mengatakan, perkembangan kondisi penanganan pandemi Covid-19 di Indonesia sudah jauh membaik. Sehingga, kata dia, Pemerintah memutuskan untuk melakukan pelonggaran sejumlah ak­tivitas masyarakat dan bersiap untuk masa transisi dari pandemi ke endemi.

“Selesai pandemi. Hidup normal seperti biasanya,” timpal @VFathun.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.