Dark/Light Mode

Prioritaskan Perjalanan Angkutan Umum Pada Mudik Lebaran

Rabu, 20 April 2022 14:52 WIB
Bus AKAP untuk mudik Lebaran di Terminal Mangkang, Semarang. (Foto: Istimewa)
Bus AKAP untuk mudik Lebaran di Terminal Mangkang, Semarang. (Foto: Istimewa)

 Sebelumnya 
Di daerah, setidaknya di Jawa Tengah, sudah tiga kota tersedia layanan transportasi yang cukup memadai. Layanan transportasi umum berskema pembelian layanan (buy the service) sudah ada di Semarang, Solo dan Purwokerto.

Di Semarang, sejak 2009 beroperasi Bus Trans Semarang. Sekarang sudah beroperasi 8 koridor utama dan 4 angkutan penumpang (feeder) mendekati kawasan perumahan dan pemukiman. Ditambah lagi 3 koridor Bus Trans Jateng rute Semarang-Kendal, Semarang-Bawen dan Semarang-Gubug. Layanan Bus Trans Semarang di Terminal Mangkang mulai jam 05.00 hingga jam 23.00.

Baca juga : Semoga Mudiknya Lancar Ya

Di Solo, sejak Juli 2020 sudah beroperasi Bus Batik Solo Trans skema buy the service yang melayani wilayah Perkotaan Solo (Subosukowonosraten). Hingga sekarang sudah beroperasi 6 koridor utama dan 6 layanan angkutan pengumpan (feeder). Masih ditambah satu jaringan Bus Trans Jateng layanan Terminal Tirtonadi-Sumber Lawang (Sragen). Masih ada lagi layanan Bus Trans Jateng Kutorajo-Borobudur untuk Kawasan selatan Jateng.

Sementara, di Purwokerto terdapat Bus Trans Banyumas yang beroperasi sejak November 2021 dengan tiga koridor. Cakupan layanannya wilayah Kab. Banyumas. Masih ada lagi Bus Trans Jateng yang melayani rute Purwokerto-Purbalingga.

Baca juga : Pemerintah Perkuat Capaian Pengurangan Emisi Melalui Blue Carbon

Demikian pula keberadaan terminal di tiga kota tersebut juga sekarang sudah memadai sebagai tempat tujuan dan keberangkatan bus umum antarkota. Terminal Mangkang di Semarang, Terminal Tirtonadi di Solo, Terminal Bulupitu di Purwokerto. Belum lagi ada sejumlah terminal tipe A lain yang sudah memadai secara operasional, seperti Terminal Bawen, Terminal Bobotsari (Purbalingga), Terminal Ir. Soekarno (Klaten), Terminal Tingkir (Salatiga), Terminal Pemalang, Terminal Pekalongan, Terminal Kudus, Terminal Kebumen, Terminal Cilacap, Terminal Wonosobo, dan Terminal Purworejo.

Di Yogyakarta, selain sudah ada 17 trayek Trans Yogya yang dioperasikan Pemprov DI Yogyakarta, sejak 2020 ada tambahan 3 koridor Trans Yogya yang mendapat bantuan operasional Ditjen Hubdat, Kemenhub. Di Surabaya, Ditjen Hubdat sudah beroperasi Bus Trans Semanggi Surabaya sejak 1 Januari 2022. Selain sudah beroperasi Suroboyo Bus dengan anggaran Pemkot. Surabaya. Bus Trans Banyumas, Bus Batik Solo Trans, Bus Trans Yogya dan Bus Semanggi Surabaya melayani mulai jam 05.00 hingga jam 21.00.

Baca juga : PUPR: Tidak Ada Contraflow Di Pantura Saat Mudik Lebaran

Memang kebutuhan fasilitas transportasi umum di daerah belum dapat menjangkau keseluruhan wilayah, terlebih ke pedesaan. Paling tidak, sejumlah fasilitas transportasi umum yang sudah terbangun dua tahun terakhir di daerah sudah dapat membantu para pemudik melakukan mobilitas selama masa mudik di daerah.***

Penulis: Akademisi Prodi Teknik Sipil Unika Soegijapranata dan Ketua Bidang Advokasi dan Kemasyarakatan MTI Pusat

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.