Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

NU Kultural Vs NU Struktural

Cak Imin Genit, Gus Yahya Adem Aja

Minggu, 22 Mei 2022 07:10 WIB
Ketua Umum PBNU, Yahya Cholil Staquf. (Foto: Ist)
Ketua Umum PBNU, Yahya Cholil Staquf. (Foto: Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Ketua Umum PBNU, Yahya Cholil Staquf alias Gus Yahya tidak terpancing oleh manuver genit yang dilakukan Ketum PKB, Muhaimin Iskandar alias Cak Imin. Meskipun Cak Imin coba mengungkit soal beda NU kultural dan NU struktural terhadap PKB, Gus Yahya tetap adem saja dan menganggapnya bukan persoalan serius.

Pernyataan itu disampaikan Gus Yahya usai acara Konferensi Besar PBNU 2022 di Hotel Yuan Garden, Jakarta, Jumat (20/5) malam. Dalam acara itu, sejumlah tokoh-tokoh besar NU hadir. Salah satunya, ulama kharismatik, Kiai Mustofa Bisri atau akrab disapa Gus Mus.

"Ada Kiai Mustofa Bisri di sini, ada Habib Zein bin Smith di sini. Semuanya ada di sini, sehingga kalau ngomong kultural dan struktural, sudah tidak relevan lagi sekarang, semuanya satu, NU," kata Gus Yahya menjawab soal manuver Imin soal NU kultural vs NU struktural.

Baca juga : Imin Dan PBNU Tambah Runyam

Eks anggota Wantimpres ini menjelaskan, saat ini semua warga NU sudah satu. Menjadi satu barisan, baik yang berpengaruh secara kultural maupun struktural. Hal itu karena semua warga NU sudah merasakan adanya semangat baru ber-NU.

"Sehingga hari ini, di dalam forum ini, semua yang berpengaruh secara kultural maupun struktural, semua ada di sini dalam satu barisan," ujarnya.

Gus Yahya tidak ingin ambil pusing soal manuver Imin atau tokoh lain yang coba membanding-bandingkan NU kutural dan NU struktural. "Ya, gimana ya, ini soal kualitas, ya kita tanggapi yang berkualitas saja lah," ujarnya.

Baca juga : Cak Imin Dan Gus Yahya Akur Dong

Sebelumnya, lewat akun media sosialnya, Cak Imin pamer kaos bertuliskan “NU Kultural Wajib Ber-PKB, Struktural Sakarepmu”. Unggahan kaos itu diposting Imin di akun Instagram dan Twitter miliknya @cakiminow, Senin (16/5). Unggahan itu terdiri dari dua foto. Foto pertama memperlihatkan 5 perempuan muda berkerudung memakai kaos putih tangan panjang sedang pose sambil tersenyum. 

Di unggahan kedua, berupa potongan badan pria yang tertutup kaos warna hijau berlengan pendek. Kaos yang dipakai oleh perempuan dan pria itu, punya corak tulisan yang sama, yakni 'Warga NU Kultural Wajib ber-PKB. Struktural, SAKAREPMU!'.

“Foto kiriman Kyai Imam Jazuli Cirebon, keren banget kaosnya, maturnuwun Kyai,” tulis Imin, memberikan caption dalam postingannya itu. 

Baca juga : Imin-Gus Yahya Semakin Retak

Meskipun tidak memberikan penjelasan dari postingan foto tersebut, sejumlah pihak menduga, Imin sedang melanjutkan hubungan yang kurang harmonis antara dirinya dengan Gus Yahya. Apalagi, sebelumnya, Imin pernah sesumbar, Gus Yahya tidak berpengaruh pada suara akar rumput PKB.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.