Dewan Pers

Dark/Light Mode

Hari Ini Subsidinya Dihentikan

Migor Curah Dikhawatirkan Harganya Meroket Kembali

Selasa, 31 Mei 2022 06:35 WIB
Suasana agen minyak goreng curah di salah satu tempat pengisian di kawasan Cipete, Jakarta, Jumat (18/3/2022). (Foto : RIZKI SYAHPUTRA / RM).
Suasana agen minyak goreng curah di salah satu tempat pengisian di kawasan Cipete, Jakarta, Jumat (18/3/2022). (Foto : RIZKI SYAHPUTRA / RM).

 Sebelumnya 
Akun @irwank2k2 menim­pali, mahalnya harga minyak goreng setelah disubsidi sebesar Rp 7 triliun membuktikan ada moral hazzard antara pihak terkait. “Seolah mereka peduli, padahal malah habiskan uang rakyat,” ketus dia.

Kata @DjokoRetnadi, selama Bulog tidak beli migor sesuai jumlah yang dibutuhkan rakyat, agak sulit terapkan harga Rp 14 ribu per liter tanpa subsidi. “Ini mirip BBM yang dibeli semua oleh Pertamina,” kata dia.

Menurut @Marzukialie_MA, larangan ekspor CPO beserta turunannya, dimaksudkan agar harga migor turun, ternyata set­elah ekspor dibuka, harga migor tetap tidak turun. Sebaiknya, tugaskan @PerumBULOG untuk melaksanakan program subsidi. “Naikkan pajak ekspor, dana digu­nakan untuk subsidi,” kata dia.

Berita Terkait : Pengumuman! Subsidi Migor Curah Berakhir Besok Pukul 23.59 WIB

Sebenarnya, kata @SultanAliNatadi, masalah migor curah ini berawal dari kebijakan Pemerintah pada akhir tahun 2021. Yakni, akan menghentikan penjualan migor curah pada 1 Januari 2022.

“Sejak itulah migor ber­masalah, termasuk migor ke­masan yang akhirnya harganya ‘selangit’,” kata dia.

Menurut @Andreas_Wijaya, agar harga migor curah stabil, dia meminta Pemerintah menetapkan harga dari mulai pro­dusen hingga pengecer. “Jadi nggak boleh ada harga bebas lagi,” kata dia.

Berita Terkait : Pakar IPB: PMK Bisa Dikendalikan, Masyarakat Harus Jaga Kondisi Tetap Kondusif

Sementara, @Jean_PierrePolnaref setuju dengan pencabutan subsidi migor curah. Dia bilang, masyarakat yang be­rada di garis kemiskinan sudah mendapat subsidi langsung dari Pemerintah berupa bansos.

“Walaupun migor curah dis­ubsidi, tetap aja ada pedagang/ distributor yang nakal kemas ulang migor curah,” kata dia.

Kata @Toni1725, subsidi migor curah malah habiskan duit negara, tapi migor tetap mahal di pasaran.

Berita Terkait : Pakar UI: Rusia Dikucilkan Dunia Buntut Serangan Rusia Ke Ukraina

“Subsidi pada BBM, migor, listrik itu sangat buruk untuk kemandirian sebuah bangsa,” kata @PutraJoyoboyo49. [TIF]