Dark/Light Mode

Lepas 1.500 Calon Jemaah Haji

Ma`ruf-Yaqut Lebar Senyumnya

Minggu, 5 Juni 2022 06:50 WIB
Menteri Agama, Yaqut Cholil Qoumas melepas keberangkatan kloter pertama calon jemaah haji. (Foto : Instagram @gusyaqut).
Menteri Agama, Yaqut Cholil Qoumas melepas keberangkatan kloter pertama calon jemaah haji. (Foto : Instagram @gusyaqut).

 Sebelumnya 
Dalam kesempatan itu, Yaqut mengimbau agar jemaah haji menjaga kesehatan selama berada di Tanah Suci. Mengingat saat ini, Arab Saudi sedang berada di musim panas. Para jemaah disarankan mengonsumsi vitamin dan air putih yang cukup. Jemaah haji juga diharapkan membatasi kegiatan di luar ibadah.

“Jangan segan-segan bertanya kepada petugas bila mengalami kendala. Karena Kementerian Agama sudah menugaskan banyak sekali petugas di sana untuk membantu Bapak Ibu sekalian,” kata Menag.

Baca juga : Kemenag Lepas Keberangkatan Jemaah Haji Kloter 1 Embarkasi Jakarta

Di Surabaya, giliran Ma’ruf yang melepas para tamu Allah ini. Ma’ruf datang tak sepagi seperti Yaqut. Sekitar pukul 7 WIB, mantan Ketua Umum MUI ini sudah tiba di VIP Room Terminal 2, Bandar Udara Internasional Juanda. Ia didampingi istri Wury Estu Handayani dan Gubernur Jawa Timur Khofifah Indarparawansa.

Ada 449 jemaah yang diberangkatkan dari embarkasi Surabaya, pagi itu. Jemaah berasal dari Tuban dan Bojonegoro. Mereka dijadwalkan tinggal landas pukul setengah 9 WIB dan tiba pukul 15.55 WAS.

Baca juga : Calon Jemaah Haji Tahun Ini, 95 Persen Sudah Divaksin

Ma’ruf memasuki pesawat, menyalami satu-persatu jemaah, dengan wajah semringah sambil menitipkan satu dua patah kata.

Jemaah tampak antusias menyambut kedatangn Ma’ruf. Beberapa jemaah juga tampak berusaha menyalami Ma’ruf dan mencoba mengabadikan momen langka tersebut menggunakan ponsel.

Baca juga : Kemenkes Ungkap Baru 76 Persen Calon Jemaah Haji Divaksin Lengkap

“Ini menjadi yang pertama kali selama 2 tahun tidak ada pemberangkatan karena Covid-19. Alhamdulillah, karena Covid-19 sudah landai, kami bisa memberangkatkan haji,” kata Ma’ruf, penuh syukur. [SAR]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.