Dark/Light Mode

Hari Pertama Kerja Langsung Ngecek Harga

Zul Ngakunya Syok

Jumat, 17 Juni 2022 06:52 WIB
Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan meninjau Pasar Cibubur, Jakarta, Kamis (16/6/2022).
Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan meninjau Pasar Cibubur, Jakarta, Kamis (16/6/2022).

 Sebelumnya 
Khusus Terkait harga minyak goreng yang masih tinggi, Bhima meminta Zulhas tidak takut oleh konglomerasi yang menguasai lahan sawit maupun mafia pangan yang bermain di rantai impor.

Bhima juga meminta Zulhas segera melakukan langkah konkret untuk menstabilkan harga barang-barang kebutuhan pokok. “Yang diperlukan adalah langkah nyatanya. Jadi, sidak itu tidak menyelesaikan masalah. Masalah bisa diselesaikan lewat kebijakan," jelas Bhima.

Ia lantan memberikan PR ke Zulhas. Pertama, membereskan masalah minyak goreng dalam waktu dekat. Kedua, menjalin koordinasi dengan Bulog untuk pengawasan. Ketiga, integrasi pendataan pangan. “Meski data pangan sudah diatur BPS, nyatanya sampai saat ini masih terjadi masalah validasi dari produksi dan kebutuhan untuk beberapa komoditas pangan,” ungkapnya.

Baca juga : Imin Rayuannya Nggak Laku

Keempat, aturan terkait penegakan hukum. Terutama izin ekspor impor. Kata Bhima, di sektor inilah ada risiko rente.

Kelima, memastikan barang impor tidak terganggu proteksi dari negara utama, seperti India yang memproteksi gandumnya. "Cari alternatifnya, supaya cadangan pangan kita jauh lebih stabil," saran Bhima.

Di dunia maya, warganet mencak-mencak mendengar pengakuan Zulhas yang syok dengan kenaikan harga barang kebutuhan pokok. "Kogat kaget ae. Rakyat mah sudah lama jantungan, denger harga naik. Ayo Pak hasil kerjanya tolong berefek. Karena menyangkut hajat hidup orang banyak," pinta @dadanghatami.

Baca juga : Satkar Ulama Indonesia Kerja Sama Bareng Delegasi Muslim Rusia

Akun @robysaputra04 malah menyindir Zulhas. "Baru mulai sudah shock. Gimana rakyat yang sudah dari kapan tau," tulisnya. "Pejabat kalau belanja sayur di mana ya? Asal ke pasaran kagetan," timpal @GunBayoebumi, heran.

Sementara, akun @ahmadrifkifeb menyatakan, Zulhas harusnya sudah tahu harga barang kebutuhan pokok jauh sebelum menjadi Mendag. Karena dari dulu rakyat sudah sejak lama mengeluhkan harga ini.

"Sebenarnya sih nggak perlu jadi menteri dulu untuk tahu harga-harga pada naik. BPS ada rilis inflasi saban bulan tuh," sindirnya. "Jadi pejabat jangan tutup mata terus atuh Pak. Harga pada naik kan udah dari kapan tau," sahut @teguhbdhardi. [MEN]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.