Dark/Light Mode

Sekolah Demokrasi LP3ES

Ributin Koalisi Dan Elektabilitas, Pemilu 2024 Bikin Deg-degan

Rabu, 29 Juni 2022 07:35 WIB
Direktur Pusat Media dan Demokrasi LP3ES, Wijayanto. (Foto: Istimewa)
Direktur Pusat Media dan Demokrasi LP3ES, Wijayanto. (Foto: Istimewa)

 Sebelumnya 
Kedua, di tengah gegap gempita Pemilu 2024 yang kian dekat, sangat sulit mengetahui visi calon pemimpin bangsa 2024. Khususnya, visi masa depan demokrasi. Setiap hari, rakyat hanya dijejali berita kemungkinan koalisi dan trend elektabilitas. Tak pernah ada terdengar gagasan mereka.

Semestinya, forum semacam Sekolah Demokrasi LP3ES ini kesempatan untuk diskusi, me­nyampaikan gagasan dan visi untuk masa depan bangsa. Apalagi dengan puluhan media yang meliput dan melaporkannya.

Baca juga : DPR Gelar Raker Pengambilan Keputusan Tahapan Pemilu 2024 Senin Depan

Ketiga, forum seminar sekolah demokrasi diadakan LP3ES yang tak perlu diragukan kredibilitasnya, dan konsisten menerbitkan kajian demokrasi selama lebih dari setengah abad. Juga KITLV, lembaga kajian ilmiah yang prestius di Belanda yang telah berusia ratusan tahun.

Selain itu, Universitas Diponegoro, jelas salah satu perguruan tinggi terbaik di negeri ini. PPI Leiden juga lembaga yang melahirkan para pemimpin bangsa dahulu dan hingga hari ini.

Baca juga : Survei PWS, Elektabilitas Prabowo Semakin Tak Terkejar

“Undangan forum yang diadakan lembaga-lembaga kredibel semacam ini semestinya adalah kehormatan bagi para politisi. Sekaligus kesempatan yang amat baik untuk menyampaikan gagasan mereka,” tegasnya. ■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.