Dark/Light Mode

Demokrat Mau Pecah KIB

Beringin Tak Mau Selingkuhi KIB

Rabu, 6 Juli 2022 07:30 WIB
Koalisi Indonesia Bersatu (KIB). (Foto: ANTARA).
Koalisi Indonesia Bersatu (KIB). (Foto: ANTARA).

 Sebelumnya 
“Kami masih terbuka. Misalnya, Partai Demokrat ingin bergabung dengan KIB kami terbuka, tanpa meninggalkan PAN dan PPP,” ujarnya.

Politisi PAN Saleh Partaonan Daulay balik menyindir Demokrat. Kata dia, KIB sudah solid. Tak mungkin terpengaruh rayuan-rayuan parpol lain. Kata dia, KIB terbentuk sudah lama melalui tahapan dan proses yang lama. Tidak terbentuk dalam satu malam. Sampai sekarang, koalisi berjalan lancar. Tidak ada isu yang tak baik di antara koalisi.

Ia lalu menyindir omongan Syahrial yang merayu Golkar. Kata dia, level Syahrial belum cukup untuk bisa mengonsolidasikan parpol lain agar mau berkoalisi dengan Demokrat.

Baca juga : AC Milan Telikung Inter

Menurut dia, AHY dan Ketum Golkar Airlangga Hartarto pastinya sudah pernah melakukan penjajakan sebelumnya.

Soal rayuan Demokrat koalisi berdua saja cukup mengusung capres-cawapres, Saleh hanya tersenyum. Ketua Fraksi PAN di DPR ini mengatakan, KIB pun sudah memenuhi syarat untuk bisa mengusung pasangan capres-cawapres.

“Sebetulnya kan kita yang di KIB aja sudah cukup, malah lebih. Kalau mau dibalik ya,” kata Saleh, kemarin.

Baca juga : Partai Beringin Siapin Pendamping Khofifah

Ketua DPP PPP Achmad Baidowi mengaku heran dengan upaya Demokrat dalam mencari mitra koalisi. Menurutnya, merayu Golkar untuk tinggalkan KIB demi membangun koalisi baru, memperlihatkan seolah partai yang didirikan SBY itu seperti patah harapan. Demokrat seperti tak bisa membuat wacana baru dan justru mencoba memecah belah.

“Kalau Demokrat ingin bisa ikut berlayar di Pilpres 2024, ya ikut saja dalam KIB,” kata Awiek, sapaanya, di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, kemarin.

Dia menegaskan, tiga partai dalam KIB sudah solid dan tak mungkin lagi bergerilya apalagi menjajaki komunikasi berkoalisi dengan partai politik lain.

Baca juga : Demokrat Minta Target Pajak 2023 Tak Bebani Rakyat

“Kalau Demokrat mau bergabung ya ayo! Jangan terkesan seperti orang yang hopeless gitu,” ungkapnya.

Bagaimana potensi kekuatan KIB? Direktur Eksekutif Parameter Politik Indonesia Adi Prayitno menilai, KIB sangat patut diperhitungkan di pilpres nanti. Kata dia, kekuatan KIB di pemilu mendatang bukan ditentukan pada kekuatan figur yang mereka miliki. Tapi terletak pada kerja-kerja lintas sektoral dan struktur yang mereka miliki.

“Golkar, PAN, dan PPP memiliki mesin politik yang bagus pada struktur organisasi mereka,” kata Adi, kemarin. ■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.