Dark/Light Mode

Lebih Baik Buat Dana Penelitian

Masa Ada Tempat Tidur Di Kantor Lembaga Riset

Senin, 18 Juli 2022 06:40 WIB
Ilustrasi rencana ruang istirahat untuk Dewan Pengarah BRIN dalam renovasi yang dianggarkan Rp 6,1 miliar.(Foto : Istimewa).
Ilustrasi rencana ruang istirahat untuk Dewan Pengarah BRIN dalam renovasi yang dianggarkan Rp 6,1 miliar.(Foto : Istimewa).

 Sebelumnya 
Kepala Biro Komunikasi Publik Umum dan Kesekretariatan BRIN, Driszal Friyantoni menjelaskan, di lantai 2 yang akan direnovasi tersebut sudah ada beberapa ruangan yang terdiri dari kamar tidur, kamar mandi, ruang makan, ruang tamu, ruang rapat, dan ruang kerja. Nantinya, seluruh ruangan di lantai tersebut akan direnovasi menjadi ruang kerja 10 anggota Dewan Pengarah BRIN. "Sebelumnya, di lantai 2 tersebut memang sudah ada kamar tidur, kamar mandi, ruang makan, ruang tamu, ruang rapat, dan ruang kerja eks Kepala BPPT," ungkap Driszal.

Driszal menekankan, renovasi ini sudah sesuai peraturan yang ada. Besaran biaya yang dibutuhkan juga merupakan rekomendasi Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR).

Baca juga : Jokowi Akan Serahkan Bansos Dan Tinjau Balai Penelitian Padi Di Subang

Peneliti Indef, Sugiyono Madelan mengkritisi rencana renovasi ini. Dia paham, renovasi memang diperlukan, karena BRIN merupakan integrasi dari beberapa lembaga riset sebelumnya. Namun, anggaran Rp 6,1 miliar terlalu besar. Momentumnya juga tidak tepat.

"Negara melakukan penghematan dalam merespons krisis energi, krisis pangan, dan sebentar lagi resesi global yang mungkin berlanjut ke krisis ekonomi lagi. Sehingga diharapkan BRIN mempunyai empati terhadap persoalan krisis-krisis tersebut," kritiknya.

Baca juga : Ayo Pakai Masker Lagi

Politisi PSI, Guntur Romli heran betul dengan rencana renovasi ini. Kata dia, seharusnya dana yang besar digunakan untuk riset, bukan untuk membangun hal yang mubazir.

Dia berharap, Mega bisa membatalkan rencana renovasi ini. “Hati-hati, ini jebakan untuk Ibu Mega. Masak ada kamar tidur segala di lembaga riset," kata dia, di akun Twitter @GunRomli, kemarin.

Baca juga : Surya Paloh: Lebih Baik Tak Ada Pemilu Jika Timbulkan Perpecahan

Para warganet yang mendengar hal ini juga kaget. "Lha kantor kok ada kamar tidurnya segala. Padahal rumah juga dekat. Kalau dulu ada, ya mosok sekarang perlu tetap ada? Atau mungkin kalau sedang tidur nyaman, ketua BRIN bisa mimpi dan terinspirasi ide dahsyat?" cuit @J_Aryoko. "Badan riset kok kerja nggak pernah," timpal @arivpermana. [MEN]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.