Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Kompolnas: Jenazah Brigadir J Akan Diautopsi Ulang

Rabu, 20 Juli 2022 20:24 WIB
Gedung Bareskrim Polri. (Foto: Ist)
Gedung Bareskrim Polri. (Foto: Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Kompolnas mengatakan, autopsi ulang Brigadir J akan segera dijadwalkan. Hal ini disampaikan Ketua Harian Kompolnas Benny Mamoto, usai menghadiri gelar perkara, yang juga dihadiri kuasa hukum Brigadir J, di Gedung Bareskrim Mabes Polri, Rabu (20/7).

"Tadi dari pihak pengacara minta untuk ada ekshumasi gali kubur dan autopsi ulang,maka akan segera dijadwalkan ekshumasi akan segera dilaksanakan," ungkap Benny.

Baca juga : Tuntaskan Kasus Brigadir J, Trimedya Kasih Waktu Polri Sebulan

Menurutnya, autopsi tidak hanya dilakukan Pusdokkes Polri, tapi juga melibatkan forensik independen dari asosiasi dokter forensik. "Inilah bentuk transparansi yang dilakukan," imbuhnya.

Autopsi ini juga dilakukan untuk menjawab keraguan atas hasil autopsi pertama yang dilakukan pada Brigadir J.

Baca juga : Selecao Tetap Ditakuti Lawan

"Permintaan untuk autopsi ulang sudah disetujui dan akan diatur waktu pelaksanaannya. Yang jelas dalam waktu tidak terlalu lama," beber Benny. 

Brigadir J disebut tewas akibat tertembak rekannya, Bharada E, di rumah dinas Kadiv Propam Polri Irjen Ferdy Sambo, Jumat (8/7).

Baca juga : Kasus Brigadir J, Sandi Situngkir: Biarkan Tim Kapolri Bekerja

Versi polisi, Brigadir J terlibat adu tembak setelah kepergok Bharada E tengah melecehkan istri Irjen Sambo. Kepolisian kemudian membentuk tim khusus untuk mengusut kasus ini. Korps baju cokelat melibatkan pihak eksternal seperti Komnas HAM dan Kompolnas.

Belakangan, Kapolri Jenderal Listyo Prabowo menonaktifkan Sambo dari jabatan Kadiv Propam. Langkah itu dilakukan demi transparansi pengusutan kasus polisi tembak polisi ini. ■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.