Dark/Light Mode

Laporan Wartawan Foto Sophan Wahyudi Dari Mekkah

Alhamdulillah, 1 Jemaah Asal Sukabumi Dipulangkan Pasca Dirawat Di RSAS

Selasa, 26 Juli 2022 19:39 WIB
Baden bin Oha (duduk) jemaah asal embarkasi Sukabumi, Jawa Barat terlihat ceria saat tim visitasi KKHI Makkah, Senin (25/7). (Foto: Sophan Wahyudi/Rakyat Merdeka)
Baden bin Oha (duduk) jemaah asal embarkasi Sukabumi, Jawa Barat terlihat ceria saat tim visitasi KKHI Makkah, Senin (25/7). (Foto: Sophan Wahyudi/Rakyat Merdeka)

RM.id  Rakyat Merdeka - Wajah Baden bin Oha, jemaah asal embarkasi Sukabumi, Jawa Barat terlihat ceria saat tim visitasi KKHI Mekkah, dr. Nevy Shinta Damayanti, dan dr. Ade Yudisthira mengunjunginya di ruang rawat inap RS King Abdul Aziz (Al Zahir) Mekkah, Senin (25/7).

Kabar gembira, lelaki berusia 58 tahun ini sudah bisa dipulangkan ke KKHI setelah menjalani enam hari perawatan di RSAS. Baden merupakan jamaah haji Indonesia yang dirawat di RS King Abdul Aziz karena membutuhkan perawatan intensif untuk pendarahan di lambung.

"Alhamdulillah bu dokter saya mah sudah sehat," lapor Baden pada tim visitasi, di Mekkah, Senin (25/7).

Baca juga : TKH Dan Pusat Kesehatan Haji Minta Jemaah Cek Kesehatan Sebelum Jalani Aktivitas

Nevy mengatakan, bahwa hari Senin (25/7) Baden memang sudah bisa pulang dari RS Al-Zahir karena kondisinya sudah stabil.

Pada kesempatan itu Nevy juga mengingatkan agar Baden tidak mengkonsumsi lagi jamu-jamuan untuk menghilangkan rasa sakit di dalam tubuhnya.

Menurutnya, jamu mengandung kortikosteroid yang tidak baik jika dikonsumsi terus menerus dan efeknya akan merusak lambung.

Baca juga : 125 Kloter Menuju Madinah, Jemaah Berisiko Tinggi Tetap Jadi Prioritas

"Nanti dapat mengakibatkan lambung luka yang akhirnya menjadi bocor lambung," ujar Nevy.

Baden mengaku senang selama dirawat di RSAS, petugas kesehatan Indonesia selalu mengunjunginya setiap hari. Setiap harinya yang bersangkutan selalu menunggu dokter-dokter Indonesia mengunjunginya.

Katanya, selain ramah, dokter Indonesia juga selalu membawa makanan yang disukainya. "Rasanya aneh-aneh makanan Rumah Sakit,"" ujar Baden dengan logat Sunda kental.

Baca juga : Jelang Puncak Haji, Petugas Pastikan Kesehatan Jemaah Dan Stok Obat-obatan Aman

Baden mengatakan petugas kesehatan Indonesia sudah memberikan pelayanan yang terbaik. "Terima kasih bu dokter, pak dokter. Saya sudah ditengokin," ujar Baden.

Sebelum dikembalikan ke kelompok terbang (kloter), Baden dipulangkan terlebih dahulu ke KKHI Makkah. Tujuannya untuk dicek kembali semua kesehatannya ke dokter spesialis penyakit dalam setelah pulang dari RS King Abdul Aziz Al Zahir Mekkah.

"Nanti diperiksa oleh dokter spesialis penyakit dalam setelah semua normal baru dikembalikan ke kloternya," ujarnya.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.