Dark/Light Mode

ILUNI UI : Universitas Harus Perkuat Sisi Kualitas Untuk Pemeringkatan Global

Sabtu, 6 Agustus 2022 21:20 WIB
Foto: Dok. ILUNI UI
Foto: Dok. ILUNI UI

 Sebelumnya 
“Kami mendorong agar universitas-universitas di Indonesia, khususnya UI untuk memperhatikan juga segi kualitas yang dianggap penting dalam pemeringkatan di kawasan Asia Tenggara, seperti misalnya dalam rasio dosen mahasiswa, sitasi karya ilmiah, dan hasil riset,” ungkap Andre.

Sementara itu, Ketua ILUNI UI Muhammad Rahmat Yananda mengatakan, pemeringkatan perguruan tinggi terutama di tingkat global memiliki pengaruh cukup signifikan dan krusial tetapi merupakan fenomena old nornal Pemeringkatan tersebut masih menjadi acuan tetapi mungkin tidak lagi signifikan. Krisis Covid-19 telah membuka mata banyak pihak bahwa misi ketiga perguruan tinggi untuk dapat berkontribusi kepada masyarakat lebih ditunggu, ujar Rahmat.

Rahmat juga melihat potensi perubahan indikator pemeringkatan.Sejalan dengan pengaruh revolusi digital dalam pengajaran, maka indikator pengajaran daring akan mendapatkan perhatian tinggi.

Baca juga : Komoditas Hortikultura Kualitas Ekspor Meriahkan Booth ADM G20

Lukman menyatakan tahun ini pemerintah telah mengalokasikan dana sebesar 7 trilun untuk PTNBH dalam mencapai indikator world class university.

“Dengan sistem WCU analysis Sinta, seluruh pemangku kepentingan termasuk universitas di Indonesian dapat melihat status dan kondisi saat dini dalam pencapaian peringkat yang ada secara real time” sebut Lukman.

Terkait dengan kondisi di Universitas Indonesia yang merupakan universitas terbaik di Indonesia dalam beberapa survei internasional, Prof Wisnu sebagai perwakilan guru besar menyampaikan bahwa saat ini yang terpenting adalah meningkatkan riset dan sitasi secara global

Baca juga : Jelang Pilpres, Kosgoro Perkuat Koodinasi Untuk Menangkan Golkar

“Saat ini UI sudah membangun network dengan kurang lebih 160 institusi pendidikan dunia dengan harapan dapat meningkatkan kwalitas riset dan juga sitasi atas riset dan tulisan hasil civitas UI” tambahnya.

Pada kesempatan tersebut, ILUNI UI juga resmi menetapkan serta mengukuhkan pengurus Lembaga Forum Diskusi Salemba (FDS) ILUNI UI periode 2022-2025 melalui pembacaan Surat Keputusan oleh Ketua Umum ILUNI UI Andre Rahadian.

Lembaga ini diresmikan sebagai wadah diskusi, riset, dan rekomendasi untuk memperkuat kohesi bangsa. Ketua Lembaga Forum Diskusi Salemba sekaligus Ketua Policy Center ILUNI UI M.

Baca juga : LSI Denny JA: Netizen Pegang Peranan Kunci Untuk Pemenangan Di Pilpres 2024

Jibriel Avessina mengungkapkan komitmennya untuk berkontribusi bagi peningkatan pemeringkatan UI khususnya dan perguruan tinggi di Indonesia pada umumnya, terutama di kancah internasional.

“ILUNI UI akan melakukan serangkaian kegiatan yang dimulai melalui suatu diskusi yang diharapkan dapat menjadi forum yang melahirkan gagasan, masukan, dan kritik konstruktif untuk mendukung kemajuan peringkat UI ke depan,” tegas Jibriel. ■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.