Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Penembak Brigadir J Buka Mulut dan Diancam

#SaveBharadaE Trending Topic

Rabu, 10 Agustus 2022 07:33 WIB
Bharada Richard Eliezer alias Bharada E (Foto: Khairizal Anwar/RM)
Bharada Richard Eliezer alias Bharada E (Foto: Khairizal Anwar/RM)

RM.id  Rakyat Merdeka - Bharada Richard Eliezer alias Bharada E sedang dalam bahaya. Setelah buka mulut mengenai dalang pembunuhan Brigadir Nopryansah Yosua Hutabarat alias Brigadir J, dia diancam orang tak dikenal. Melihat hal ini, para warganet langsung berusaha memberi “perlindungan”. Tagar #SaveBharadaE pun menggema.

Ancaman itu muncul usai Bharada E buka mulut. Pada Minggu (7/8), Bharada E menulis secarik kertas dari Rumah Tahanan Bareskrim Polri, Jakarta Selatan.

Dalam surat itu, Bharada E menerangkan kejadian saat Brigadir J meninggal. Kata dia, saat itu dirinya sedang berada di lantai dua rumah dinas Irjen Ferdy Sambo, yang saat itu masih menjadi Kadiv Propam Polri. Awalnya, dia mengetahui ada yang tidak biasa di lantai satu. Dia kemudian menuju tangga. Dari tangga, dia melihat Brigadir J sudah terkapar bersimbah darah.

Dia juga melihat bosnya, Ferdy Sambo, sedang berdiri sambil memegang pistol di dekat korban. Selain surat pengakuan itu, Bharada E juga menulis surat untuk keluarga Brigadir J. Dia mengucapkan duka cita di surat itu.

Baca juga : Mahfud: Ketua KPK Pernah Bilang, Kebangetan Kalau Tak Terungkap!

Yang mendapat ancaman itu bukan hanya Bharada E. Kuasa hukumnya juga. Deolipa Yumara, salah satu pengacara Bharada E, meminta perlindungan dari Presiden Jokowi. “Kami minta perlindungan dari Pak Jokowi, kalau ada apa-apa,” ucapnya.

Mengetahui hal ini, warganet bergerak. Muncullah tagar #SaveBharada E. Tagar ini awalnya digaungkan akun Facebook Screenshot of Anything - North Sulawesi.

"Jangan biarkan Richard Eliezer Pudihang Lumiu sendiri. Torang tetap dukung Polri untuk mengungkap kasus tewasnya Brigadir J. Saat ini yang utama adalah berikan perlindungan untuk seorang justice collaborator agar bisa mengungkap fakta-fakta sebenarnya demi tegaknya keadilan. Ayo Sulut!" tulis akun akun tersebut.

Tagar ini kemudian menyebar ke Twitter. Para warganet meminta agar Bharada E segera dilindungi. Jangan sampai terlambat. "Bharada E tolong dilindungi. Jangan sampai terjadi seperti Brigadir J," pinta akun @KipasAngin234.

Baca juga : Bharada E Tuangkan Pengakuan Lewat Tulisan

Akun @varybella881 menegaskan, ancaman terhadap Bharada E tidak boleh dibiarkan. Ancaman tersebut sangat serius dan harus dicegah. Tidak boleh dianggap biasa. Apalagi kasus besar seperti ini. “Mohon perhatian Pak @jokowi, Pak @mohmahfudmd, dan Pak @ListyoSigitP," tulisnya.

Akun @basotulangenak juga mengkhawatirkan keluarga Bharada E. "Bharada E dilindungi, tapi keluarganya bisa-bisa dalam bahaya. Ngeri juga," imbuh dia. "Sekarang gue khawatir banget sama keluarganya," timpal @syuhada_soba.

Selain itu, ada juga warganet yang meminta Bharada E terus bernyanyi. "Mantap, lanjutkan Bang," pinta @ayeeeesthetic. "Buka terus sampai akar-akarnya," harap @hanajelasleudep.

Menko Polhukam Mahfud MD ikut bicara. Dia meminta Polri memfasilitasi Lembaga Perlindungan Saksi dan Korban (LPSK) untuk memberikan perlindungan kepada Bharada E.

Baca juga : Ferdy Sambo Ikut Tembak Brigadir J? Kapolri: Masih Didalami

"Agar dia selamat dari penganiayaan, dari racun, atau dari apapun. Sehingga pendampingan dari LPSK itu, supaya diatur sedemikian rupa agar nanti Bharada E bisa sampai ke pengadilan dan memberikan kesaksian apa adanya, yang mungkin saja kalau dia menerima perintah itu, dia bisa saja bebas," ujar Mahfud.

Namun, Mahfud menegaskan, pelaku utama dipastikan tidak akan bebas. "Pelaku dan instrukturnya itu dalam kasus ini rasanya tidak bisa bebas," ujar dia.■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.