Dark/Light Mode

Penuhi Penasaran Publik

Pak Polisi, Tunjukkan Wajah Bharada E Dong

Rabu, 20 Juli 2022 07:33 WIB
Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo (kedua kanan) saat konferensi pers penanganan kasus polisi tembak polisi, Senin (18/7). (Foto: Dok. Mabes Polri)
Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo (kedua kanan) saat konferensi pers penanganan kasus polisi tembak polisi, Senin (18/7). (Foto: Dok. Mabes Polri)

RM.id  Rakyat Merdeka - Hampir dua pekan, kasus polisi tembak polisi di rumah jenderal polisi, bikin heboh negeri ini. Beragam informasi sudah diungkap ke publik. Namun, ada satu penasaran publik yang sampai saat ini belum terpenuhi. Siapa Bharada E, seperti apa wajah Bharada E yang disebut-sebut karena tembakannya itu, membuat Brigadir J tewas. Ayo Pak Polisi, segera tunjukkan wajah Bharada E ya...

Selama ini, publik hanya dikasih tahu bahwa Bharada E adalah anggota Brimob yang ditugaskan sebagai ajudan Kadiv Propam, Irjen Ferdy Sambo. Dia juga yang disebut terlibat saling tembak dengan Brigadir J di rumah dinas Ferdy Sambo, di kawasan Duren Tiga, Jakarta Selatan pada Jumat (8/7) sore. Pihak kepolisian mengaku, sudah mengamankan Bharada E. Namun, seperti apa kondisinya, dan berada di mana Bharada E, masih misteri.

Mantan Kepala Badan Intelijen Strategis (Kabais) TNI, Soleman B Ponto menyinggung keberadaan Bharada E. Kata dia, selama kasus ini diungkap ke publik, belum pernah sekalipun diperlihatkan pihak kepolisian soal Bharada E.

Baca juga : Pemekaran 3 Provinsi Papua Jadi Tantangan Besar Kemenhub

"Fakta kejadian belum ada, tapi kenapa logikanya (pelecehan seksual) sudah ada duluan. Harusnya itu nanti soal motif, tapi ini kan sudah kelihatan ada sesuatu yang disembunyikan," kata Soleman.

Soleman kemudian membandingkan dengan kasus dua jawara yang membunuh perampok April lalu di Lombok, NTB. Kata dia, saat itu polisi langsung menetapkan kedua jawara sebagai tersangka. Namun, pada kasus Brigadir J, ada keanehan mengapa Bharada E tidak dijadikan tersangka.

"Lah, ini kan polisi membunuh polisi, tersangka pun tidak. Bagaimana coba. Soal keberadaan Bharada E masa sudah satu minggu lebih kita tak tahu, apakah dia memang disembunyikan,?" tanya Soleman.

Baca juga : Jenderal Andika, Tunjukkan Keperkasaanmu!

Benarkah Bharada E disembunyikan? Kadiv Humas Polri, Irjen Dedi Prasetyo menegaskan, pihaknya akan terbuka mengusut kasus ini. Tidak ada yang disembunyikan. "(Bharada E) sudah diamankan oleh penyidik untuk mengikuti proses sidik," kata Dedi, saat dihubungi Rakyat Merdeka, kemarin.

Akan tetapi, pihaknya masih menunggu aba-aba dari penyidik untuk menunjukkan wajah Bharada E yang sesungguhnya. "Ya nanti (ditunjukkan). Nunggu penyidik aja dulu," jelas mantan Kapolda Kalimantan Tengah itu.

Lebih lanjut, Dedi mengaku hari ini Polri bakal menemui pihak keluarga Brigadir J. Pertemuan itu untuk memaparkan hasil autopsi. "Insya Allah besok dari pihak keluarga akan diterima oleh penyidik dan tentunya didampingi oleh pihak pengacaranya," terang dia.

Baca juga : Cegah Pemanasan Global, Pertamina Sukseskan Transisi Energi

Pemaparan itu diharapkan mampu memberi gambaran dan penjelasan ihwal luka di sekujur tubuh Brigadir J. Menurutnya, penjelasan dari tim dokter forensik lebih valid. Karena, mereka memiliki kompetensi di bidang tersebut. "Untuk menghindari spekulasi-spekulasi yang berkembang," tekan dia.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.