Dark/Light Mode

Tes Calon Pimpinan KPK

Basaria Susah Ngetik, Tapi Gampang Mikir

Kamis, 18 Juli 2019 14:53 WIB
Wakil Ketua KPK Basaria Panjaitan (Foto: Istimewa)
Wakil Ketua KPK Basaria Panjaitan (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Wakil Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Basaria Panjaitan pede alias percaya diri, bakal kembali menduduki jabatan komisioner komisi antirasuah periode mendatang.

"Kalau lulus yang tentuin pansel. Tapi kalau sudah bertindak, kita harus optimis," ujar Basaria di Pusdiklat Sekretariat Negara, Jakarta, Kamis (18/7).

Baca juga : Cerita Pimpinan Perusahaan Indonesia di Ethiopia

Basaria bilang, satu-satunya kendala yang dihadapi dalam uji kompetensi hari ini adalah masalah teknis. Yakni, soal penulisan. "Kalau tahun lalu kita harus tulis ya, tangannya sampai pegel. Sekarang harus diketik, harus 11 jari lagi, ngetiknya jadi lambat," tutur pensiunan jenderal bintang dua kepolisian ini.

Sementara soal pembuatan makalah, Basaria bilang sama saja dengan soal tes periode lalu. Yakni, peran KPK untuk meningkatkan pencegahan dan penindakan korupsi dalam pemberantasan korupsi. Sebagai calon petahana, hal itu bukan persoalan sulit bagi Basaria.

Baca juga : 5 Calonnya Rawan Gugur, Kejaksaan Terancam Nggak Punya Wakil Lagi

"Soalnya hampir sekitar segitu juga. Jadi, nggak kebingungan. Mungkin karena kita sudah dua kali ya. Kesulitannya nulisnya agak lama. Kalau dulu harus mikir dan nulis. Kalau sekarang, mikirnya agak kurang ya, gitu aja," bebernya.

Kali ini, Basaria menampilkan gagasan baru dalam makalahnya. Yakni, membuat sembilan forum wilayah yang akan ditingkatkan ke 34 provinsi.

Baca juga : Satu Lagi Komisioner KPK Yang Maju, Basaria Panjaitan

"Dengan harapan, nanti setiap provinsi memiliki korsup penindakan dan pencegahan. Mereka yang dampingi seluruh Pemda. Kalau 34 provinsi sudah ada, diharapkan pencegahan korupsi bisa dimulai dari awal sehingga tidak perlu lagi dilakukan penindakan. Itu yang kita harapkan," tandasnya. [OKT]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.