Dark/Light Mode

Kepala BNPT Eksklusif Dengan Rakyat Merdeka

4 Vaksin Untuk Lawan Virus Radikalisme

Selasa, 23 Agustus 2022 06:50 WIB
Direktur Utama Rakyat Merdeka Group Kiki Iswara Darmayana bersama Kepala Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) Boy Rafli Amar di Kantor Redaksi Rakyat Merdeka, Jakarta, kemarin. (Foto: WAHYU DWI NUGROHO/RM).
Direktur Utama Rakyat Merdeka Group Kiki Iswara Darmayana bersama Kepala Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) Boy Rafli Amar di Kantor Redaksi Rakyat Merdeka, Jakarta, kemarin. (Foto: WAHYU DWI NUGROHO/RM).

 Sebelumnya 
Anti virus selanjutnya adalah menumbuhkan keyakinan moderasi beragama. Selama ini kecenderungan dari kelompok terorisme itu memanfaatkan narasi agama. Padahal, tidak ada dalam ajaran agama manapun untuk memusuhi agama lain. Setiap agama malah mengajak umatnya saling menghormati dan mengasihi.

“Kalau moderasi dalam beragama bagus dan kuat, tidak akan terpengaruh oleh provokasi, yang berakibat konflik di antara umatnya,” pesannya.

Baca juga : Kepala BNPT Ajak UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten Sebarkan Moderasi Beragama Pada Mahasiswa

Anti virus terakhir adalah penguatan budaya Nusantara. Menurut Boy, budaya Nusantara itu bagian dari kearifan lokal. Cikal bakal adanya NKRI berkat melestarikan dan menghormati budaya Nusantara.

“NKRI itu adalah budaya nusantara yang dikembangkan dari era kerajaan masa lalu. Toh, di setiap provinsi itu memiliki sisa-sisa budaya masa lalu, yang apabila kita lestarikan maka tidak ada itu paham radikalisme yang membuat bingung sendiri,” cetusnya.

Baca juga : Perlu, Desain Perlindungan Anak dari Virus Intoleransi dan Radikalisme

Boy lalu mengisahkan, saat dirinya berkunjung ke NTB. Dia menyaksikan langsung penggunaan alat musik sasak sambil bernyanyi dengan bahasa sasak. Ternyata, isinya lagunya berisi tentang bertoleransi.

“Kalau nilai-nilai budaya telah mengakar di kalangan mereka, mereka pun senang mencintai nilai-nilai ideologi, rasanya sulit terprovokasi dengan paham-paham radikalisme,” tukas Boy.

Baca juga : Komjen Boy Rafli Perkuat Pentahelix, Cegah Radikalisme

Usai menjawab pertanyaan tersebut, Boy langsung melanjutkan acara dengan podcast bersama Direktur Utama Rakyat Merdeka, Kiki Iswara. Podcast tersebut akan tayang di YouTube Rakyat Merdeka TV. [UMM]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.