Dark/Light Mode

Buka Lagi Kasus Petral

KPK Bidik Siapa Nih

Kamis, 25 Agustus 2022 07:30 WIB
Juru Bicara KPK, Ali Fikri. (Foto: ANTARA).
Juru Bicara KPK, Ali Fikri. (Foto: ANTARA).

 Sebelumnya 
Sekedar menyegarkan kembali ingatan, kasus yang dilabeli mafia migas ini dipicu oleh dugaan suap 2,9 juta dolar AS dari pihak Kernel Oil terkait dengan kegiatan perdagangan produk kilang dan minyak mentah kepada PES atau PT Pertamina (Persero) di Singapura dan pengiriman kargo.

Duit itu diduga diberikan ke Bambang karena membantu mengamankan jatah Kernel Oil dalam tender pengadaan atau penjualan minyak mentah atau produk kilang.

Baca juga : KPK Dipuji Fahri Hamzah

Walhasil, Bambang ditetapkan sebagai tersangka. Atas perbuatannya, Bambang disangkakan melanggar Pasal 12 huruf a atau Pasal 12 huruf b subsider Pasal 11 Undang-Undang Nomor 31 Tahun 1999 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi sebagaimana telah diubah dengan Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2001.

Di dunia maya, dibukanya kembali kasus Petral oleh KPK rame jadi pembicaraan warganet. Akun @DoankWarto menyebut-nyebut nama Riza Chalid, pengusaha yang namanya sempat rame di awal kasus ini diusut KPK. “Skandal PETRAL yang terjadi pada masa pemerintahan SBY 2004-2014, TERUNGKAP MAFIA MIGAS GARONG RP.250 TRILIUN. KPK dan Kegagung tidak berani menyentuh dan mengusut kasus mega korupsi tersebut. Salah satu gembong mafia migas tersebut adalah Muhammad Riza Khalid,” sebutnya. “Riza Khalif muka Yaman,” sentil @Bavris.

Baca juga : Rame Desakan Satgassus Polri Kudu Diaudit

Sementara akun @pengarang_ sajak bawa-bawa nama ekonom Faisal Basri. “Berapa kerugian negara..? Siapa calo utama..? Siapa backingnya..? Kenapa ga bisa disentuh sampai akar-akarnya..? Mungkin @FaisalBasri ini bisa bantuin..? Kenapa Faisal sampe kabur begitu masuk sampai dalem-dalemnya..?” herannya.

“Perusahaan sudah almarhum,. Direksi-direksi sudah pensiun... Baru diusut. KPK usut issu korupsi gede yang jaman sekarang dong,” kritik @BambangSubiantoro. “Waduhh.. sang mantan yang selalu Prihatin idak bisa bisa tidur nyenyak lagi nih,” timpal @PurwantoFD.

Baca juga : Partai Ramai Bikin Koalisi, PDIP Fokus Gerak Ke Bawah

Akun @DYS_yes menganggap, mengungkap kembali kasus Petral tidak ada yang istimewa. “Menutupi kinerja yang tak kunjung berprestasi, cari-cari kerjaan,” cuitnya. “Alasannya ya karena belum tuntas,” bela @cernanlantang. Akun @rahimteruncu83 penasaran sudah berapa orang yang jadi tersangka dari kasus ini. “Sudah berapa orang petinggi petral yang jadi tersangka,” tanya dia. ■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.