Dark/Light Mode

Pengamat Dukung BNPT Berdayakan Seluruh Potensi Cegah Terorisme

Kamis, 1 September 2022 10:15 WIB
Kepala BNPT Boy Rafli Amar saat Rapat Dengar Pendapat dengan Komisi III DPR, Rabu (31/8) (Foto: Istimewa)
Kepala BNPT Boy Rafli Amar saat Rapat Dengar Pendapat dengan Komisi III DPR, Rabu (31/8) (Foto: Istimewa)

 Sebelumnya 
Pada Rapat Dengar Pendapat dengan Komisi III DPR pada Rabu ( 31/8) Kepala BNPT Boy Rafli Amar memaparkan rencana untuk mengintegrasikan data Dukcapil hingga BNPT dapat melakukan deteksi lokasi-lokasi publik seperti terminal, bandara.

"Bagaimana jika nanti ada DPO, ada yang perlu dideteksi di gate atau di border-border dengan peralatan yang terintegrasi dengan lembaga terkait. Ini akan mampu menjadi bagian dari proses deteksi," ujar Boy Rafli.

IBSW menilai jika tiga poin besar BNPT tersebut terealisasi, maka akan menghasilkan output yang maksimal di bidang pencegahan dan penanggulangan terorisme.

Baca juga : BNPT Fokus Lakukan Empowering Seluruh Potensi Negara

"IBSW berharap besar agar usulan pinjaman luar negeri (PLN) ini dapat ditemukan solusi terbaiknya. Hal ini diperlukan agar penanggulangan di hulu yang dilakukan BNPT meraih hasil yang maksimal," kata Andika.

IBSW beralasanz penguatan penanggulangan di hulu mesti diperkuat karena dampak kejahatan terorisme tidak cuma mengancam individu atau kelompok masyarakat tertentu, namun juga berefek domino kepada keutuhan tatanan sosial dan ekonomi masyarakat yang bisa memicu kesengsaraan bersama.

IBSW mengajak seluruh elemen masyarakat tanpa kecuali untuk bahu membahu bergotong-royong dalam rangka meminimalisir potensi aksi terorisme. Kesadaran masyarakat menjadi salah satu hal yang penting dalam penanggulangan terorisme.

Baca juga : BNPT Optimalkan Penanggulangan Terorisme Di Yogyakarta

Pasalnya, terorisme merupakan kejahatan luar biasa yang perlu ditangani secara persisten dan kolaboratif melibatkan berbagai elemen.

Hal senada juga disampaikan oleh salah seorang Anggota Komisi III DPR Adies Kadir. Dia menilai kurangnya ancaman radikalisme dan terorisme terbilang membanggakan. Namun Adies tetap mengingatkan semua pihak, termasuk BNPT agar tetap waspada.

"Turunnya terus angka radikalisme itu membanggakan kita, tapi tidak boleh lengah karena tetap saja kewaspadaan yang tinggi harus kita lakukan dari tahun ke tahun," pungkas kader Partai Golkar tersebut. ■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.