Dark/Light Mode

Tak Cuma Keturunannya Eks PKI Pun Boleh Nyaleg

Minggu, 4 September 2022 06:30 WIB
ilustrasi-caleg. (Foto: Istimewa).
ilustrasi-caleg. (Foto: Istimewa).

 Sebelumnya 
Akun @pasadenasl tidak setuju man­tan anggota PKI diperbolehkan menjadi caleg. Alasannya, bisa membahayakan keutuhan bangsa.

“Bayangkan jika 50 persen + 1 anggota DPR eks PKI dan anak cucu PKI,” katanya.

Akun @aviation603 menyambung. Kata dia, setelah 51 persen eks PKI dan Keturunannya menguasai kursi DPR dibuatlah UU yang membolehkan eks PKI maju menjadi calon presiden dan wakil presiden.

“Pembukaan kandang serigala mulai dilakukan. Perlahan tapi pasti dia akan menerkam singa satu persatu,” timpal @KarenaBakar.

Baca juga : ABTI Minta Anies Bikin Lapangan Bola Tangan Pasir Di Ancol

Akun @HjAiSuryani1 meminta partai politik (parpol) tidak mengusung caleg dari mantan anggota PKI. Kata dia, parpol kudu menyeleksi latar belakang kandidat calegnya. Dia bilang, seleksi latar bela­kang bukan tidak demokratis, tapi bagian dari kehati-hatian.

“Harus diwaspadai kalau eks PKI jadi anggota DPR, yang salah satunya mem­buat kebijakan untuk warga bangsa,” ungkapnya.

Menurut @zip88zing, eks PKI biar­kan tetap dilarang menjadi caleg. Eks PKI, kata dia, jangan dikasih hati, nanti ngerogoh ampela. Satu kesalahan, kata @OJI_22TEA, bisa membuat celah untuk terjadinya kerusakan dan kehancuran.

“Aturan yang membolehkan mantan anggota PKI maju sebagai caleg sudah kebablasan,” ujar @PupungpurwantoP.

Baca juga : Sri Mul: Keterbukaan Informasi Publik Bisa Cegah Hoax

Menurut @sandysandiego76, saat ini hukum diperlemah sedikit demi sedikit. Lama-lama, kata dia, hukum tidak akan punya taji dan power untuk membendung arus kuat.

“Main-main dengan api nih. Entar kebakaran baru nyesel,” timpal @FarisSF97.

Akun @AditMarfiardhi meminta Pemerintah dan DPR segera mengubah UU yang memperbolehkan mantan ang­gota PKI nyaleg. Selain itu, dia juga meminta masyarakat lebih selektif dalam memilih anggota DPR.

“Sing lebih bijak, sing ati-ati, tolong hei,” ujarnya

Baca juga : Merek Citayam Fashion Week Didaftarkan 2 Pihak, Publik Boleh Ajukan Keberatan

“Waduh, kayaknya perlahan-lahan mau berdiri partai komunis ini,” ujar @AllZazil. “Siap-siap PKI merasuki sendi-sendi kehidupan di negeri ini,” sambung @adi_fuaddi.

Sementara, @NaufalBambang tidak mempermasalahkan mantan anggota PKI menjadi caleg. Dia tidak yakin eks PKI masih hidup. Kalaupun masih hidup, kata dia, saat ini kondisinya sudah tua. [ASI]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.