Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Selalu Moncer Di Survei

Para Kiai Di Daerah Nanya Nih Kapan Prabowo-Imin Deklarasi

Minggu, 11 September 2022 08:00 WIB
Ketua Umum Partai Gerindra, Prabowo Subianto. (Foto: Antara/Yulius Satria Wijaya)
Ketua Umum Partai Gerindra, Prabowo Subianto. (Foto: Antara/Yulius Satria Wijaya)

RM.id  Rakyat Merdeka - Setelah Koalisi Indonesia Raya (KIR) yang digagas Partai Gerindra dan PKB dideklarasikan, elektabilitas Prabowo Subianto naik tajam. Saat ini, deklarasi Prabowo-Muhaimin Iskandar sebagai Capres-Cawapres juga sedang digodok.

Diketahui, hasil survei teranyar Indostrategi Research and Consulting menyebut, posisi puncak Calon Presiden ditempati Ketua Umum Partai Gerindra, Prabowo Subianto. Menteri Pertahanan itu mengungguli Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo dan Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan.

Baca juga : Imin Cs Berprasangka Baik

“Posisi elektabilitas tiga besar masih dipuncaki oleh Prabowo dengan 31,3 persen, Ganjar 20 persen, dan Anies 14,9 persen,”ujar Direktur Indostrategi Research and Consulting, Arif Nurul Imam dalam paparannya kepada Rakyat Merdeka, kemarin.

Menurut Arif, ada dua penyebab Prabowo moncer. Pertama yakni imbas deklarasi KIR. Kedua, kinerja Prabowo sebagai Menteri Pertahanan dinilai baik. “Setelah deklarasi dengan PKB, Prabowo tak terkejar. Koalisi ini saling melengkapi dan menguatkan baik secara partai maupun dua ketua umumnya,” katanya.

Baca juga : Gelar Acara Bareng Di Berbagai Daerah, PKB-Gerindra Makin Mesra

Bahkan, dalam rincian surveinya, dari 31 persen itu, pemilih terbesar Prabowo dari parpol terbesar dari Gerindra 14,7 persen, PDI Perjuangan 4,1 persen, PKB 3,5 persen, Perindo 1,5 persen dan Golkar 1,2 persen. “Pemilih Gerindra solid. Ditambah PKB juga. Artinya, pernyataan Sandiaga Uno yang siap menyatakan diri menjadi capres tidak berimbas sama sekali terhadap pemilih Prabowo dan Gerindra,” tandasnya.

Untuk diketahui, survei dilaksanakan 29 Agustus hingga 5 September 2022 melalui wawancara langsung 1230 responden yang memiliki hak pilih. Survei ini memiliki margin of error +/- 2,8 persen pada tingkat kepercayaan 95 persen. Pencuplikan sampel menggunakan metode multistage random sampling atau rambang berjenjang.

Baca juga : Darmadi: KPPU Diperkuat, Hadirkan Persaingan Usaha Sehat

Apa tanggapan PKB melihat hasil survei ini? Sekretaris Jenderal (Sekjen) PKB Hasanuddin Wahid ikut senang Prabowo moncer usai deklarasi KIR. “Ini bukti koalisi Gerinda dan PKB, semakin solid dari pusat hingga ke daerah,” kata Cak Udin, sapaan Hasanuddin Wahid kepada Rakyat Merdeka, kemarin.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.