Dark/Light Mode

Larang Pendukungnya

Deklarasi "Dewan Kopral" Ganjar Cari Aman

Sabtu, 24 September 2022 07:10 WIB
Ganjar Pranowo. (Foto: Dok. Istimewa).
Ganjar Pranowo. (Foto: Dok. Istimewa).

RM.id  Rakyat Merdeka - Setelah pendukung Puan Maharani mendeklarasikan “De­wan Kolonel”, para pendukung Ganjar Pranowo berencana membentuk "Dewan Kopral". Namun, Ganjar memilih melarang para pendukungnya itu, mendeklarasikan "Dewan Ko­pral". Keputusan Ganjar ini dinilai cari aman, karena kalau sampai merestui gerakan ini, maka perseteruannya dengan Puan akan semakin meruncing. Efeknya, Ganjar akan semakin dibenci Banteng-banteng yang ada di barisan Puan.

Seruan para pendukungnya tak mendeklarasikan "Dewan Ko­pral" itu, disampaikan Ganjar di sela-sela rapat konsolidasi kepala daerah dari PDIP, di Sekolah Partai DPP PDIP, Jakarta Selatan, Kamis (22/9) lalu. "Saya minta semuanya bisa menahan diri," imbaunya.

Ia juga menyitir pernyataan Sekjen PDIP, Hasto Kristiyanto bahwa de­wan-dewanan di internal PDIP yang belakangan jadi buah bibir, hanyalah guyonan politik belaka.

Baca juga : Dewan Kolonel Dukung Puan Jadi Capres 2024

"Pak Sekjen sudah menyampaikan, mungkin itu hanya candaan-candaan, jadi publik tidak perlu merespons ya," lanjut Ganjar.

Ia menegaskan, soal siapa sosok calon presiden (capres) yang akan diusung PDIP tidak ditentukan oleh dewan-dewanan itu. Melainkan ditentukan langsung oleh Ketum PDIP Megawati Soekarnoputri.

"Toh, penentuan soal capres itu urusan ketum, jadi kalau sudah ditentukan, ya saya kira semua relawan dari pendukung siapapun akan kolaborasi," terangnya.

Baca juga : Usai Deklarasi Gerindra-PKB, Prabowo Ungguli Ganjar Dan Anies

Inisiator Dewan Kolonel adalah anggota DPR dari Fraksi PDIP yakni Johan Budi. Tujuannya, untuk mendongkrak popularitas dan elektabili­tas Puan. Sementara Dewan Kopral dimunculkan oleh Ketua Relawan Ganjar Pranowo Mania (GP Mania) Imanuel Ebenezer. Ia mengklaim, gerakan ini muncul dari bawah, terutama rakyat marhaen.

Lalu, apa kata GP Mania terkait sikap Ganjar yang melarang deklarasi Dewan Kopral? Imanuel Ebenezer mengamini permintaan Ganjar itu.

"Kita ikuti arahan beliau, meski sebenarnya pembentukan Dewan Kopral inisiatif dari teman teman karena merasa tertantang oleh gerakan De­wan Kolonel," kata Noel, begitu ia akrab disapa, kemarin.

Baca juga : Satgas Pengawalan DOB Verifikasi Kesiapan Kantor Gubernur Papua Tengah

Menurutnya, wacana deklarasi Dewan Kopral bukan dihentikan, tapi ditunda sampai ada keputusan dan arahan berikutnya.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.