Dark/Light Mode

Mengenang Satu Tahun Sabam Sirait

Perjuangan Dan Pengabdiannya Selalu Dirindukan Banyak Orang

Kamis, 29 September 2022 14:00 WIB
Foto: Ist.
Foto: Ist.

 Sebelumnya 
Ketua Panitia Pengusulan Sabam Sirait menjadi Pahlawan Nasional, RE Nainggolan yang khusus datang dari Medan bersama Pdt. Bambang Jonan mengatakan bahwa tak terasa Sabam sudah satu tahun "bersama dengan Tuhan".

"Kita ingat semua persahabatan, nasihat dan pemikiran luar biasa yang diteladankannya. Beliau sangat mencintai bangsa ini dan menjadi legacy. Kita berdoa agar Kakak (dr. Sondang Sidabutar) sehat dan keluarga juga. Ke depan kita harapkan akan lahir Sabam-Sabam junior. Kami datang dari Medan sangat berharap Sabam Sirait menjadi Pahlawan nasional,” harapnya.

Menurutnya, tidak banyak orang seperti Sabam, yang meski sudah pergi tapi tetap dicintai. Kenangan dengan almarhum juga disampaikan Ir. Nelson Simanjuntak.

Baca juga : Mensesneg Sudah Serahkan Nama Pengganti Lili Pintauli Di KPK Ke DPR

Mantan Komisioner Bawaslu RI yang turut hadir di TMP Kalibata itu mengenang Sabam sebagai sosok yang selalu konsisten berpolitik di luar pemerintah dan selalu memberi nasehat kepada juniornya.

Ketua umum PGI Pdt. Gomar Gultom menyampaikan, tak akan ada habisnya ketika berbicara tentang sosok dan perjuangan Sabam.

"Kitab Ibrani mengatakan, 'ingatlah pemimpin-pemimpinmu'. Kehadiran kita di sini dalam konteks itu. Bang Sabam ini bisa dikatakan kitab suci berjalan. Bahwa dalam hidupnya ada banyak firman. Bang Sabam adalah teladan. Ia memecahkan mitos bahwa kepahlawanan tidak harus ikut kontak senjata dalam Revolusi Fisik tapi cukup dalam dirinya sendiri,” paparnya.

Baca juga : Puan: Satgas Perlindungan Data Harus Bisa Selesaikan Semua Kebocoran Data

Generasi muda, menurutnya, harus belajar dan meneladani Sabam.

"Tentu Bang Sabam juga tidak sempurna tapi sudah disempurnakan Tuhan. Dari beliau kita bisa belajar dan bisa mendekatkan diri sama Tuhan," imbuhnya.

“Kita berterima kasih kepada keluarga terutama Kak Sondang yang terus berperan dibalik sosok Bang Sabam. Harapan kita semua pengakuan negara menjadi pahlawan nasional. Terimakasih Tim Medan,” tandas dia.

Baca juga : Menteri ATR: Pastikan Pengadaan Tanah IKN Perhatikan Hak Adat

Doa dibawakan Pdt. Dr. Binsar Pakpahan. Ziarah bersama di TMP Kalibata dihadiri 60 orang. Lagu Dung “Sonangrohangku” yang juga kesukaan alm Sabam Sirait mengiringi acara tabur bunga. Sedangkan Yoshua Sirait mengucapkan terimakasih kepada semua pihak yang selalu mengasihi Sabam Sirait.

Dia menyatakan, sekalipun Sabam Sirait telah wafat setahun silam, rasanya kakek yang selalu dikasihinya itu tetap hidup di hatinya.

"Nggak terasa Opung (Sabam Sirait) begitu cepat pergi. Kami tetap bahagia karena banyak orang mengasihi Opung. Hari ini terlihat begitu banyak orang (nyekar) ke Makam Opung. Terimakasih buat semua," tutur Yoshua. ■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.