Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

NasDem-Demokrat Belum Deal

Duet Anies-AHY Terancam ``Gatot``

Sabtu, 1 Oktober 2022 06:40 WIB
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dan Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono atau AHY. (Dok akun Twitter @AgusYudhoyono)
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dan Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono atau AHY. (Dok akun Twitter @AgusYudhoyono)

 Sebelumnya 
Mendapati hal ini, Demokrat berusaha tidak panik. Kepala Badan Komunikasi Strategis Partai Demokrat Herzaky Mahendra Putra mengklaim, hubungan partainya dengan PKS dan NasDem semakin erat. Menurut dia, PKS dan NasDem adalah calon mitra koalisi yang sudah intens melakukan komunikasi.

Kata dia, dari berbagai komunikasi itu, banyak hal yang disepakati. Ia berharap pertemuan bisa dilanjutkan. "Sudah 80 persen. Harapan kami, ini bisa dilanjutkan. Tak perlu mengulang dari nol lagi," kata Herzaky, kemarin.

Baca juga : Anies-AHY Bisa Duet Maut

Herzaky mengakui, Demokrat memimpikan duet Anies-AHY. Dia pun menggunakan hasil survei untuk menguatkan impian Demokrat, bahwa duet Anies-AHY tanpa tanding.

Kata dia, usulan memasangkan Anies-AHY merupakan permintaan kader. Namun, pihaknya juga tidak bisa maksa-maksa ke partai koalisi. Dia memastikan, usulan tersebut akan dikomunikasikan dengan partai calon mitra koalisi.

Baca juga : Demokrat Ingin Selalu Dekat Dengan Rakyat

Ketua DPP PKS Mardani Ali Sera menilai, perbedaan pandangan ini sebagai hal biasa sebagai bentuk saling melengkapi. Ia optimis, ketiga parpol bisa membentuk koalisi.

Kata dia, saat ini semua parpol sedang fokus membentuk koalisi agar memenuhi persyaratan ambang batas pengajuan presiden atau presidential threshold 20 persen. "Karena tahapan sekarang menggenapi koalisi memenuhi minimal 20 persen kursi dan prosesnya berjalan baik. Baru sesudahnya kita bahas capres dan cawapres," kata Mardani.

Baca juga : Duet Anies-AHY Mencuat

Pengamat politik Jerry Massie menyebut, duet Anies-AHY sebenarnya cukup ideal. Duet ini juga banyak disukai pemilih milenial dan generasi X. Hanya saja, koalisi ini terganggu oleh politik tarik parpol. Jika tidak ada kesepakatan, duet ini bisa saja gagal total. [BCG]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.