Dark/Light Mode

Suarakan Reshuffle Kabinet

Relawan Pasti Ada Udang Di Balik Batu

Selasa, 11 Oktober 2022 06:55 WIB
Reshuffle kabinet Ilustrasi. (Kartun Mice)
Reshuffle kabinet Ilustrasi. (Kartun Mice)

RM.id  Rakyat Merdeka - Desakan agar Presiden Jokowi melakukan reshuffle kabinet tiba-tiba rame lagi. Desakan ini disuarakan para relawan pendukung Jokowi di Pilpres lalu. Warganet curiga, jangan-jangan ada udang di balik batu terkait desakan ini.

Wacana reshuffle kabinet muncul usai Partai NasDem deklarasi mengusung Anies Baswedan sebagai capres. Mereka yang kecewa dengan sikap NasDem itu, lantas meminta Jokowi melakukan reshuffle.

Untuk menyatakan sikapnya itu, para relawan Jokowi, kemarin berkumpul di N Hotel yang jaraknya hanya beberapa meter dari Istana Negara, Jakarta. Ada 24 orang yang mayoritas adalah para pimpinan dari relawan-relawan Jokowi.

Baca juga : Palsukan Penculikan Diri Sendiri Demi Balikan Ke Mantan

Mereka yang hadir antara lain; D Gus Sholeh Mz, Ketua Umum Relawan Sahabat Joeang Jokowi atau Sajojo. Hadir juga Ketua umum Gerakan Perjuangan Masyarakat Pluralisme (GPMP) Pendeta Andreas Benaya Rehiary. Lalu ada juga Fredi Moses Ulemlem.

Di hotel tersebut, para relawan Jokowi ini tampil membacakan surat terbuka. Salah satu isinya, ya mendesak Jokowi melakukan reshuffle

Menanggapi suara-suara beginian, Politikus NasDem, Zulfan Lindan santai saja. Menurutnya, desakan dari para relawan tersebut tak perlu didengar oleh Jokowi.

Baca juga : Tragedi Gas Air Mata Jadi Banjir Air Mata

Alasannya, karena penggantian anggota kabinet adalah sepenuhnya hak prerogatif presiden. Bukan ketum partai apapun, relawan, apalagi kelompok-kelompok politik.

“Itu adalah hak wewenang Pak Jokowi sebagai presiden,” kata Zulfan, kepada wartawan, kemarin.

Lagi pula, tegas Zulfan, desakan tersebut tidak relevan karena NasDem masih tetap berada di dalam koalisi pemerintahan Jokowi hingga 2024. Ia meyakini, Jokowi adalah sosok yang paling menjaga etika dalam bernegara.

Baca juga : PMI Persiapkan Tanam Jagung Di Lahan 250 Hektar

“Pak Jokowi kan bukan anak kecil, mendengarkan ribut-ribut seperti ini. Pak Jokowi itu kan dalam berpolitik sudah dewasa, dalam memimpin negara itu sudah dua periode. Dia sudah tahulah mana yang positif dan negatif,” paparnya.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.