Dark/Light Mode

Usai Bikin Sendiri, Tantangan Next...

Penuhi Kebutuhan Vaksin Global

Senin, 17 Oktober 2022 07:35 WIB
Vaksin Covid-19 IndoVac. (Foto: Antara/Dhemas Reviyanto)
Vaksin Covid-19 IndoVac. (Foto: Antara/Dhemas Reviyanto)

RM.id  Rakyat Merdeka - Indonesia sudah terbukti mampu membuat vaksin Covid-19 seperti di negara maju lainnya. Semangat RI untuk berdaulat di bidang kesehatan harus dijaga.

Maarif Institute menilai, peluncuran vaksin Covid-19 IndoVac menjadi bukti upaya kerja keras bangsa Indonesia menga­tasi pandemi.

Peneliti Senior Maarif Institute Endang Tirtana mengatakan, keberhasilan Indonesia dalam menyediakan vaksin ini akan bermanfaat bagi masyarakat dan negara.

Baca juga : Sahabat Ganjar Bagikan Sembako Dan Hadiri Deklarasi Dukungan Emak-emak Pengajian Jaksel

“Digunakannya vaksin akan menghasilkan kekebalan masyarakat dari Covid-19 yang menyerang saluran pernapasan,” ujar Endang dalam keterangan persnya, kemarin.

Tidak hanya itu, keberhasilan Indonesia memproduksi vaksin Covid-19 akan meningkatkan kedaulatan kesehatan nasional. Semangat ini harus tetap dijaga.

“Keberhasilan ini jangan sam­pai mengendurkan semangat untuk menjadikan Indonesia berdaulat di bidang kesehatan,” tuturnya.

Baca juga : Indonesia Siap Penuhi Kebutuhan Pangan Singapura

Semangat Indonesia yang su­dah berhasil membuat vaksin ini bisa dijaga dengan menghadapi tantangan selanjutnya.

Yakni, memastikan Bio Farma beserta holding BUMN keseha­tan untuk memenuhi kebutuhan vaksin di Indonesia. Bahkan, kebutuhan global.

Apalagi Presiden Joko Widodo (Jokowi) sempat menyampaikan harapan vaksin IndoVac bisa mencapai 120 juta dosis.

Baca juga : Urbanisasi Dorong Pertumbuhan Ekonomi Nasional

“Ini menunjukkan komitmen dan konsistensi Kementerian BUMN dalam menjalankan instruksi Presiden Joko Widodo untuk mengentaskan persoalan pandemi,” tuturnya.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.