Dark/Light Mode

Disodorin Ke Poros Gondangdia

Aher Sulit Kerek Elektoral Anies

Rabu, 26 Oktober 2022 07:40 WIB
Ahmad Heryawan. (Foto: Facebook)
Ahmad Heryawan. (Foto: Facebook)

RM.id  Rakyat Merdeka - Partai tergabung dalam Poros Gondangdia mulai menyodorkan tokoh-tokohnya mendampingi Capres yang diusung Partai Nasional Demokrat (NasDem) Anies Baswedan. Kini, giliran Partai Keadilan Sejahtera (PKS) yang menawar­kan Wakil Ketua Majelis Syuro, Ahmad Heryawan.

Pengamat Politik dari Universitas Pelita Harapan (UPH) Emrus Sihombing menilai, sekalipun calon dari PKS yang diambil, nama yang kuat justru bukan Ahmad Heryawan alias Aher bakal kurang menguntungkan.

“Kurang nendang. Jangkauan Aher hanya di Jawa Barat. Sedangkan wilayah ini kan memang jadi basis pemilih Anies. Aher tidak akan terlampau menambah daya elektoral Anies. Jadi saya yakin pilihan ini kurang nendang,” kata Emrus kepada Rakyat Merdeka, kemarin.

Baca juga : Poros Gondangdia Bentuk Tim Kecil Godok Cawapres

Menurutnya, kalau mau menyodorkan nama, lebih tepat adalah Ketua Majelis Syuro PKS, Habib Salim Segaf Al-Jufri ataupun Sekjen PKS, Aboe Bakar Al Habsyi. Dua nama ini, kat­anya, suaranya lebih menasional. Keduanya mewakili Indonesia di luar Pulau Jawa. Aboe Bakar dari Kalimantan, dan Habib Salim dari Indonesia Timur.

“Selain itu, Aboe Bakar dan Salim Segaf keduanya berlatar legislatif. Bisa melengkapi Anies yang berlatar eksekutif. Komunikasi dengan parlemen nantinya akan lebih mudah,” tutur Emrus.

Sekadar informasi, nama Aher yang diajukan PKS sebagai cawapres Anies elektabilitasnya masih karam. Dalam catatan, di survei KedaiKOPI yang rilis 9 Februari 2022, Aher muncul dalam pertanyaan tertutup tokoh yang berlaga dalam Pilpres 2024. Elektabilitas Aher hanya 1,3 persen.

Baca juga : Usai Deklarasi Gerindra-PKB, Prabowo Ungguli Ganjar Dan Anies

Serupa, survei lembaga Parameter Politik Indonesia pertengahan 2021, elektabilitas Aher hanya 0,1 persen. Sementara di surbei Indikator Politik Indonesia (IPO) pada 10-22 Maret 2021. Aher hanya meraih elektabilitas 2,3 persen.

Emrus menduga, pemilihan Cawapres untuk Anies bakal alot. Sebab Partai Demokrat akan ngotot menjadikan Ketua Umumnya, Agus Harimurti Yudhoyono sebagai Cawapresnya Anies. “Jalan tengahnya, tentukan kriteria yang dibutuhkan Anies, baik secara elektoral, maupun kebutuhan dalam pemerintahan nanti,” cetusnya.

Sebelumnya, Juru Bicara PKS Muhammad Kholid mengatakan, nama Aher jadi kan­didat Cawapres terkuat yang bakal disodorkan kepada mitra koalisi Poros Gondangdia.

Baca juga : Disahkan DPR, Airlangga: RCEP Bisa Kerek Ekspor Indonesia

Dikatakan, PKS punya lima nama kadernya sebagai alternatif vawapres. Kelimanya yakni Aher, Hidayat Nur Wahid, Irwan Prayitno, Ahmad Syaikhu, dan Sohibul Iman. “Dari dis­kusi antarpimpinan, nama Ahmad Heryawan yang terkuat untuk diajukan dari PKS sebagai alternatif pilihan di tim kecil,” kata Kholid sambil menegaskan, partainya tidak menutup pintu terhadap alternatif Cawapres yang disodorkan mitra koalisi. ■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.