Dark/Light Mode

Safari Literasi DBI

Surabaya Punya 530 Titik Layanan Baca

Selasa, 1 November 2022 18:31 WIB
Safari Literasi Bersama Duta Baca Indonesia (DBI), di Surabaya, Selasa (1/11). (Foto: Dok. Perpusnas)
Safari Literasi Bersama Duta Baca Indonesia (DBI), di Surabaya, Selasa (1/11). (Foto: Dok. Perpusnas)

RM.id  Rakyat Merdeka - Sejak dikukukan menjadi Kota Literasi pada 2014, Surabaya terus menambah titik layanan bacanya. Hingga kini, sudah 530 titik layanan baca tersebar. Bahkan, titik layanan baca tersebut turut dilengkapi dengan kelas mendongeng, kelas bahasa asing, kelas menulis, kelas numerasi, hingga wisata buku.

“Sebanyak 530 titik layanan baca tersebut berupa perpustakaan, taman baca masyarakat, dan mobil perpustakaan keliling,” ujar Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Surabaya Mia Santi Dewi, ketika membuka Safari Literasi Bersama Duta Baca Indonesia (DBI), Selasa (1/11).

Upaya yang dilakukan Dinas Perpustakaan merupakan bagian dari komitmen Pemkot Surabaya untuk meningkatkan kualitas literasi dan budaya baca masyarakatnya. 

Baca juga : Kemenkominfo Gelar Workshop Literasi Digital Di Labuan Bajo

Staf Ahli Wali Kota Bidang Hukum, Politik, dan Pemkot Surabaya M Afgani Wardhana mengatakan, upaya tersebut dapat dirasakan nyata karena Pemkot secara khusus bersinergi dan bergotong royong dengan pegiat literasi menghidupkan titik layanan baca yang tersebar di fasilitas umum milik kota.

“Bahkan, informasi layanan perpustakaan pun bisa diakses melalui SIPUS, yaitu Sistem Informasi Perpustakaan, dan kanal media sosial,” terang Wardhana.

Pada kesempatan yang sama, Kepala Pusat Analisis Perpustakaan dan Pengembangan Budaya Baca Perpustakaan Nasional (Perpusnas) Adin Bondar mengatakan, Safari Literasi Duta Baca Indonesia merupakan bagian dari rencana aksi DBI untuk menggerakkan potensi daerah. Adin mengakui, sebagian masyarakat Indonesia belum literat karena belum terbiasa membaca dalam keseharian. Padahal, ini adalah sederhana yang bisa dilakukan secara bersama seperti di keluarga maupun satuan pendidikan. Bahkan, keluarga menjadi pondasi penting untuk menumbuhkembangkan kebiasaan tersebut.

Baca juga : Satgas Transformasi Sepakbola Rampungkan Perpol Terkait Pengamanan

“Ketika sering membaca akan timbul pemahaman terhadap sesuatu. Inilah yang disebut dengan literasi. Jika tingkat literasi membaik, kesejahteraan hidup pun akan ikut membaik, karena sudah ada kesadaran dalam diri masyarakat untuk berpikir kreatif dan berani berinovasi,” jelas Adin.

Menurutnya, Indonesia sudah lama dikenal sebagai bangsa yang sarat dengan kearifan lokal. Hal tersebut dikarenakan Indonesia dihuni ribuan suku bangsa. Ribuan kearifan lokal pun bisa mudah dijumpai. Namun, tidak banyak yang mendokumentasikan ke dalam bentuk tulisan sehingga banyak masyarakat yang tidak mengetahui dengan baik.

Pentinganya kearifan lokal menjadi sebuah tulisan disuarakan Duta Baca Jawa Timur Heraldha Savira. Menurutnya, upaya tersebut dapat membuat suatu bangsa menjadi beradab karena bisa dipelajari dari generasi ke generasi selanjutnya. “Tinggi rendahnya peradaban manusia suatu bangsa dapat dilihat dari banyaknya khasanah budaya bangasa yang diciptakan,” terang Heraldha. 

Baca juga : PSP UP Ajak Generasi Muda Bumikan Pancasila

Dia menerangkan, Jawa Timur memiliki banyak naskah kuno dan saat ini sedang dilakukan penerjemahan agar dapat dipelajari para siswa. Bahkan, tidak perlu mengambil sumber teori dari negara Barat karena begitu melimpahnya naskah nusantara yang dimiliki. “Tidak kurang 600 aksara nusantara dan 718 bahasa terserak di Indonesia,” imbuh pegiat literasi Bambang Prakoso.

Jika disadari, lanjut Bambang, inilah yang menyebabkan Indonesia banyak ditaksir negara-negara untuk dieksploitasi besar-besaran. Oleh karena itu, penting bagi kita semua untuk memiliki SDM yang unggul dan berkualitas agar bisa berkompetitif dengan bangsa lain.■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.