Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Penggantinya Masih Di Saku Presiden

Bulan Depan, Andika Tidak “Perkasa” Lagi

Rabu, 9 November 2022 08:00 WIB
Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa. (ANTARA FOTO/Nyoman Hendra Wibowo/wsj).
Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa. (ANTARA FOTO/Nyoman Hendra Wibowo/wsj).

RM.id  Rakyat Merdeka - Bulan depan, Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa akan memasuki masa pensiun. Namun, hingga sekarang, belum ada sosok yang ditunjuk untuk menggantikannya. Pengganti Andika masih di saku Presiden Jokowi.

Jenderal Andika yang mulai menjabat sebagai Panglima TNI pada 17 November 2021, akan memasuki masa pensiun pada 21 Desember nanti. Meski tinggal sebulan, Jokowi belum menunjuk pengganti Andika. Ditanya soal ini, Jokowi mengatakan akan segera menetapkan pengganti Andika.

“Segera, segera, kita siapkan penggantinya,” kata Jokowi, di Inews Tower, Jakarta Pusat, usai menghadiri HUT Partai Perindo, Senin (7/11).

Baca juga : Megawati Kritik Amerika Serang Irak, Stop Perang

Jokowi menyatakan, sesuai undang-undang, panglima harus berasal dari tiga kepala staf. Ia pun mengatakan akan memilih satu di antara tiga kepala staf itu. “Sudah semua di kantong,” ujarnya.

Wakil Ketua DPR, Sufmi Dasco memastikan, hingga hari ini belum ada surat presiden (surpres) tentang nama calon Panglima TNI pengganti Andika. “Nanti akan di-update ke media kalau sudah ada,” kata Dasco, di Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta, kemarin.

Merujuk syarat calon panglima yang tertuang dalam Undang-Undang Nomor 34 Tahun 2004 tentang TNI, calon panglima adalah perwira TNI berbintang empat yang masih aktif. Dari syarat ini, hanya ada tiga kandidat yang bisa dimajukan untuk menerima tongkat estafet kepemimpinan TNI. Mereka adalah KSAD Jenderal Dudung Abdurachman, KSALLaksamana Yudo Margono, dan KSAU Marsekal Fadjar Prasetya. Prasetya.

Baca juga : Ratusan Polisi Tak Bertongkat Manggut-manggut

Sebelum dijabat Andika dari matra darat, Panglima TNI diemban oleh Marsekal TNI Hadi Tjahjanto dari matra udara. Dua sosok pendahulu Hadi diketahui juga berasal dari matra darat yakni Jenderal TNI Moeldoko dan Jenderal TNI Gatot Nurmantyo.

Sepanjang kepemimpinan Jokowi, matra laut belum pernah diamanahkan untuk memegang tongkat komando Panglima TNI. Anggota Komisi I DPR Dave Laksono yakin sosok Panglima TNI nanti akan diisi oleh putra-putra terbaik bangsa. Lalu siapa yang akan dipilih Jokowi untuk menggantikan Andika? Dave tak menjawab secara spesifik.

“Ada tiga nama yang paling tepat menjadi Panglima TNI yang berikutnya: KSAD, KSAU dan KSAL,” kata Dave, saat dikontak, tadi malam.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.