Dark/Light Mode

Bicara Utang Kecil Di Forum B20

Luhut: Saudara-saudara Lihat Semua Data Ini Ya!

Senin, 14 November 2022 08:00 WIB
Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan menyampaikan paparan dalam diskusi panel B20 Summit Indonesia 2022 di Nusa Dua, Kabupaten Badung, Bali, Minggu (13/11/2022). (ANTARA FOTO/Media Center G20 Indonesia/Aditya Pradana Putra/nym).
Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan menyampaikan paparan dalam diskusi panel B20 Summit Indonesia 2022 di Nusa Dua, Kabupaten Badung, Bali, Minggu (13/11/2022). (ANTARA FOTO/Media Center G20 Indonesia/Aditya Pradana Putra/nym).

RM.id  Rakyat Merdeka - Menko bidang Kemaritiman dan Ivestasi, Luhut Binsar Pandjaitan memanfaatkan forum komunitas bisnis global atau Business 20 (B20) Summit di Bali, jadi ajang promosi Indonesia. Buat meyakinkan para pengusaha global di B20, Luhut bilang, ekonomi Indonesia baik dengan utang yang kecil. Untuk meyakinkan omongannya itu, Luhut menggunakan data-data. “Saudara-saudara lihat semua data ini ya!” ujar Luhut.

B20 Summit Indonesia merupakan salah satu rangkaian acara G20 yang berada di bawah Sherpa Track atau Jalur Sherpa. Acara ini merupakan forum dialog di antara komunitas bisnis global.

Mereka yang ada di dalam B20 tersebut, umumnya merupakan pemimpin dari perusahaan multinasional. Orang tajir di dunia, Ellon Musk jadi salah satu pembicara yang direncanakan hadir di forum B20. Sayangnya, di detik-detik akhir, bos Tesla itu batal hadir langsung ke Bali, tempat diselenggarakannya B20.

Baca juga : Suasana Semarak Berkat Selembar Foto Instan

Luhut yang jadi pembicara dalam forum itu, menjelaskan soal ekonomi Indonesia dihadapan para peserta yang hadir. Secara umum, kata Luhut, indikator ekonomi Indonesia masih jauh lebih baik dari negara G20 lain. Di antaranya, pertumbuhan ekonomi tinggi, dan inflasi rendah. Padahal, situasi dunia tengah mengalami ketidakpastian pasca pandemi, ditambah perang Rusia-Ukraina.

“Utang pemerintah rendah, dan ini salah satu yang sangat penting adalah karena beberapa orang di negara ini berpikir bahwa kita memiliki banyak utang. Tidak, kita adalah salah satu utang terendah di antara anggota negara G20 lainnya,” kata Luhut, saat B20 Summit di Bali, kemarin.

Menurut Luhut, utang Pemerintah terhadap PDB juga termasuk yang paling rendah. Dia lantas menyindir pihak oposisi yang selama ini paling kencang mengkritik soal utang Indonesia.

Baca juga : Anies-Emil Ajak Anak Muda Berpartisipasi Di G20

“Ini orang bilang utang-utang? Ya orang-orang yang tak jelas aja itu. Utang kita paling rendah. Pakai GDP ngukurnya. Jadi, teman-teman sekalian, itu Indonesia, itu negara kita,” tegas Luhut.

Berdasarkan data Kementerian Keuangan, posisi utang Pemerintah hingga akhir September 2022 tercatat Rp 7.420,47 triliun atau 39,3 persen terhadap PDB. Angka ini jauh di bawah ambang batas yang ditetapkan dalam UU Keuangan Negara, yakni 60 persen terhadap PDB.

Sedangkan menurut data Bank Indonesia (BI), utang luar negeri Indonesia sebesar 397,4 miliar dolar AS atau sekitar Rp 6.148 triliun pada akhir Agustus 2022. Angka itu turun jika dibandingkan bulan sebelumnya yang mencapai 400,2 miliar dolar AS atau sekitar Rp 6.192 triliun.

Baca juga : Luhut Tak Mau Buka Big Data

Rinciannya, utang Pemerintah pada akhir Agustus 184,9 miliar dolar AS, turun dari bulan sebelumnya yang mencapai 185,6 miliar dolar AS. Sementara utang swasta tercatat 204,1 miliar dolar AS. Angka ini juga turun dibandingkan bulan sebelumnya yang tembus 206,1 miliar dolar AS.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.