Dark/Light Mode

Berselancar Bersama Di Paris

Waida Bersaudara Rajut Harapan

Rabu, 2 Maret 2022 09:00 WIB
Rio Waida dan Ryuki Waida. (Foto: NOC Indonesia).
Rio Waida dan Ryuki Waida. (Foto: NOC Indonesia).

RM.id  Rakyat Merdeka - Tahun 2022 menjadi tahun menantang bagi cabang olahraga surfing. Tak terkecuali bagi Waida bersaudara, Rio dan Ryuki. Kedunya tengah merajut asa untuk menjadi peselancar ombak Merah Putih yang dapat tampil di Olimpiade. Bagi Rio Waida (22 tahun) dan Ryuki Waida (19), ombak telah menjadi nadi mereka.

Sejak kecil, kakak-beradik berdarah Indonesia-Jepang ini telah berkenalan dengan pantai dan bermain di tengah ombak. “Suka surfing dari orang tua. Mereka suka ke pantai, main surfing. Dari kecil kami berdua sudah diperkenalkan dengan ombak dan papan selancar,” kata Rio kepada Tim Media NOC Indonesia, beberapa waktu lalu.

Baca juga : Balik Dari Mandalika, Honda Pede Bisa Juara Dunia Lagi

Rio dan Ryuki lahir dari pasangan peselancar Kaoru Waida dan Muhammad Zaini dan menetap di Negeri Sakura. Pada 2005, mereka memutuskan pindah ke Pulau Dewata dan mulai memperkanalkan olahraga surfing kepada Rio dan Ryuki. “Saat diajari surfing terkadang takut juga, apalagi saya takut air. Tapi, setelah mencoba, akhirnya terbiasa.

Ternyata surfing sangat menarik sehingga kami memiliki keinginan menjadi profesional surfer dan bisa membanggakan Indonesia,” tambah Ryuki. Ambisi itu sangat terbuka di tengah meningkatnya pamor surfing saat ini. Setelah debut di Olimpiade 2020 Tokyo, Komite Olimpiade Internasional (IOC) resmi memasukkan surfing, sports climbing, dan breaking dalam daftar 28 sports program Olimpiade 2028 Los Angeles pada IOC Session ke-139, Februari.

Baca juga : Garuda Muda Siap Bekuk Hong Kong

Tiga cabang olahraga tersebut masuk dengan pertimbangan memiliki fokus kuat di kalangan generasi muda. Keputusan itu menjadi kabar gembira bagi Rio dan Ryuki yang tengah berlatih keras menuju Olimpiade 2024 Paris. Sebagai informasi, Asosiasi Surfing Internasional (ISA) menetapkan tuan rumah World Surfing Games 2023 El Savador sebagai event pembuka kualifikasi menuju Olimpiade Paris.

Ajang ini menjadi pintu bagi Rio dan Ryuki untuk tampil bersama. Rio sudah memiliki pengalaman tampil di panggung Olimpiade 2020 Tokyo. Kendati saat itu ia dipaksa mengakui kehebatan Kanoa Iragashi pada babak 16 besar, Rio mengatakan mendapat banyak pengalaman berharga dari penampilannya di Olimpiade.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.