Dark/Light Mode

Cegah Aksi Terorisme

Program Deradikalisasi Harus Berjalan Efektif dan Tepat Sasaran

Kamis, 15 Desember 2022 16:17 WIB
Direktur Eksekutif Parasanda Bumi Partiwi yang tergabung dalam Prabu Foundation (FB) Asep Muhargono
Direktur Eksekutif Parasanda Bumi Partiwi yang tergabung dalam Prabu Foundation (FB) Asep Muhargono

 Sebelumnya 
Praktis semenjak diserukannya Komando Jihad kata dia, beberapa tahun silam, strategi yang dibangun oleh kelompok tersebut selalu pupus.

"Mereka hanya melakukan gerakan sporadis. Bahkan tidak sedikit dari kalangan mereka melakukan tindakan kriminal guna memenuhi kebutuhan hidup," jelas Asep .

Baca juga : NYST Awards 2022, Menpora: Inovasi Harus Berdampak Ke Masyarakat

Untuk itu, diperlukan pendekatan secara personal dan persuasif terhadap kelompok-kelompok yang diduga berafiliasi dengan Islam radikal tersebut.

Asep mengungkapkan, jika berbicara sejarah, lahirnya gerakan radikal itu karena ketidakpuasan sekelompok umat Islam terhadap pemerintahan yang sah.

Baca juga : Kasus Formula E Jalan Di Tempat

Pola pendekatan yang paling efektif yakni bagaimana merubah mindset radikal dengan pemberdayaan ekonomi kerakyatan sebagaimana yang pernah dilakukan di era orde baru terhadap kelompok-kelompok ekstrim.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.