Dark/Light Mode

Cegah Aksi Terorisme

Program Deradikalisasi Harus Berjalan Efektif dan Tepat Sasaran

Kamis, 15 Desember 2022 16:17 WIB
Direktur Eksekutif Parasanda Bumi Partiwi yang tergabung dalam Prabu Foundation (FB) Asep Muhargono
Direktur Eksekutif Parasanda Bumi Partiwi yang tergabung dalam Prabu Foundation (FB) Asep Muhargono

 Sebelumnya 
Selanjutnya mereka diberikan pendampingan yang melekat kemudian diperlakukan dengan adil sebagaimana masyarakat yang lain.

"Pemerintah bisa saja merekrut mantan aktivis NII yang kembali ke pangkuan NKRI kemudian tahu betul garis perjuangan yang selama ini diyakini oleh kelompok radikal tersebut," ujarnya.

Baca juga : NYST Awards 2022, Menpora: Inovasi Harus Berdampak Ke Masyarakat

Dikatakan Asep, ada dua lembaga negara yang selama ini fokus terhadap penanganan teroris, yakni Badan Nasional Penanggulangan Teroris (BNPT) dan Detasemen Khusus 88. Dua lembaga ini berfungsi dalam rangka pencegahan dan penindakan terorisme di Indonesia.

Asep, berharap BNPT terus menjalankan program deradikalisasi yang tepat sasaran sebagai upaya pencegahan aksi terorisme.

Baca juga : Kasus Formula E Jalan Di Tempat

Dia juga melihat, di saat Densus menangkap teroris di Kota A, namun di waktu yang berbeda ada aksi teror di Kota B. Akhirnya yang muncul asumsi publik bahwa Densus 88 hanya penggiringan opini.

"Padahal faktanya yang sesungguhnya pasukan Densus 88 itu untuk menangkap aksi teror harus berjibaku antara hidup dan mati. Oleh karenanya, secara organisasi kami dari Prabu Faoundation sangat mengapresiasi kinerja Densus 88," tandasnya.

Baca juga : Perkuat Program Deradikalisasi Mantan Napiter

Kendati demikian, meski Densus 88 kerap menangkap teroris, aksi teror itu tetap menghantui masyarakat jika program deradikalisasi tidak berjalan dengan efektif dan tepat sasaran.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.