Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Netizen Sorot Masjid 1 T Yang Baru Diresmikan Kang Emil

Bulu Karpet Mengelupas, Kolam Jadi Water Boom

Selasa, 3 Januari 2023 06:40 WIB
Viral karpet Masjid Al Jabbar rusak. (Foto: Istimewa).
Viral karpet Masjid Al Jabbar rusak. (Foto: Istimewa).

RM.id  Rakyat Merdeka - Masjid Raya Al Jabbar yang belum sepekan diresmikan Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil tak lepas dari nyinyiran warga dunia maya. Ada macam-macam nyinyiran netizen soal masjid yang telah menghabiskan dana hingga Rp 1 triliun itu. Mulai dari besarnya biaya yang dikeluarkan, bulu karpet yang mengelupas, lalu lintas yang tambah macet, hingga kolam yang berubah jadi water boom. Duh, aya-aya wae.

Masjid dengan arsitektur ciamik ini diresmikan di penghujung tahun 2022 atau tepatnya Jumat (30/12). Selain Ridwan Kamil, sejumlah tokoh hadir dalam peresmian tersebut. Mulai dari Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan hingga Vice President (EVP) Sekretaris PT Hutama Karya (Persero) Tjahjo Purnomo. Sedangkan Wakil Presiden Ma’ruf Amin hadir secara daring. Acara peresmian itu menandakan bahwa Masjid Al Jabbar yang terletak di kawasan Gedebage, Bandung, Jawa Barat itu sudah terbuka untuk masyarakat umum.

Usai diresmikan, majid ini langsung menjadi daya tarik warga Jawa Barat. Tiap hari, warga berbondong-bondong datang untuk melihat langsung kemegahan Masjid Al Jabbar. Namun, banyaknya masyarakat yang datang justru menimbulkan masalah baru. Mulai dari kemacetan di jalan akses dari dan menuju Masjid Al Jabbar, hingga sampah menumpuk di sekitaran area masjid.

Baca juga : Khofifah: Baru Diresmikan, Jembatan Kali Kajar Terendam Lahar Dingin Semeru

Akun @alfisa2000 melaporkan bahwa jalanan disekitar Masjid Al Jabbar macet selama beberapa hari ini. “Rancanumpang sekitar Masjid Al Jabbar macet parah. Nggak ada yang ngatur.,” cuitnya.

“Pembukaannya tidak dibarengi dengan pelebaran jalan dan akses kesana pun bukan jalan besar dan lebar, tapi jalan akses ke rumah penduduk seperti gambar ini ,” timpal @pocoonggsprint. “Kurang diantisipasi oleh penyelenggara, masjid Al Jabbar tidak punya Akses yg besar, @jabarprovgoid jl. Cimincrang agar segera di lebarkan,” imbuh @goenarzo.

Selain kemacetan, ada juga warganet yang menyoroti soal kondisi bagian dalam masjid. Salah satunya lewat video yang menggambarkan mengelupasnya bulu karpet di Masjid Al Jabbar. Video itu dibagikan akun @intanrm di Twitter. Hingga berita ini ditulis, cuitan video itu sudah tembus 114,9 ribu views, 415 suka dan 151 retweet.

Baca juga : Bamsoet Pede Indonesia Jadi Pusat Ekonomi Digital Dunia

Dalam video singkat berdurasi 7 detik itu, ia menunjukkan bulu-bulu karpet yang mengelupas bertaburan di lantai. “Gimana ceunah ini karpet di mesjid trilyunan tapi kok murudul,” cuit akun @intanrm.

Soal karpet mahal yang mengelupas bulunya juga banyak mendapat komentar kocak dari warganet. Akun @yrzaa malah bilang karpetnya lagi proses ganti bulu, seperti ular yang di fase tertentu ganti kulit. “Itu emang ganti bulu karpetnya, jadi bulu yang baru tumbuh nanti. Tolong mindsetnya mba,” kicau @yrzaa. “Ini karpet tipe Serangga, kak. Pada siang hari emang menjadi karpet, ibarat kepompong nanti bulu-bulu tersebut pada malam hari akan berubah menjadi kupu-kupu,” canda akun @eoshiwin.

Video lain yang viral adalah ramainya pengunjung mandi dan berenang ria di kolam masjid. “Ini masjid atau water boom sih,” bunyi petikan suara di dalam video yang diposting akun @lustfullylxna.

Baca juga : Ini 4 Alasan Sinovac Tak Bisa Diremehkan, Salah Satunya Mampu Mengenali Varian Omicron

Menanggapi video viral yang beredar terkait Masjid Al Jabbar yang penuh sampah dan jadi water boom, Ridwan Kamil angkat suara. Menurut Emil, kondisi itu terjadi karena masyarakat menemukan hal-hal baru. [SAR]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.