Dark/Light Mode

Dipasang Di Sekeliling Gedung MA

CCTV Tak Mungkin Merekam Aksi Korupsi

Selasa, 3 Januari 2023 08:00 WIB
Gedung MA. (Foto: Istimewa).
Gedung MA. (Foto: Istimewa).

 Sebelumnya 
Apa kata DPR soal pemasangan CCTV oleh MA ini? Anggota Komisi III DPR, Santoso pesimis pemasangan CCTV bisa mencegah terjadinya rasuah. Dia bilang, pemasangan CCTV di gedung MA cuma pencitraan. Bahkan sangat mencolok.

“Mau dipasang sebanyak apapun CCTV itu di gedung MA, jika perilaku para hakim agung masih memperjual belikan perkara, maka suap di MA tidak akan hilang,” tegas Santoso, saat dihubungi Rakyat Merdeka, kemarin.

Baca juga : Bale Tak Punya Niatan Pensiun

Menurut politisi Partai Demokrat itu, pernyuapan dapat dilakukan di mana saja oleh hakim agung yang bermental koruptif. Dia meminta, KPK jangan berhenti mengawasi para hakim agung lantaran perkara yang ditangani di MA jumlahnya masih ribuan. “Sehingga pengawasan itu tidak boleh berhenti,” terangnya.

Pengamat hukum dari Universitas Al-Azhar Indonesia, Prof Suparji Ahmad setuju dengan pendapat Santoso. Menurut dia, CCTV tidak bisa menghentikan suap.

Baca juga : Biden: Rudal Di Polandia Tidak Mungkin Dari Rusia

“Seharusnya, MA melakukan pembenahan yang lain dimulai dari rekruitmen, promosi, hingga mutasi hakim,” tukas dia. ■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.