Dark/Light Mode

Buntut Ribut-ribut Saat Penangkapan Lukas Enembe, Polisi Tangkap 19 Provokator

Rabu, 11 Januari 2023 18:47 WIB
Aparat keamanan saat membubarkan massa pendukung Lukas Enembe, saat hendak merangsek ke Bandara Sentani. (Foto: Antara)
Aparat keamanan saat membubarkan massa pendukung Lukas Enembe, saat hendak merangsek ke Bandara Sentani. (Foto: Antara)

RM.id  Rakyat Merdeka - Kepala Kepolisian Daerah Papua Inspektur Jenderal Polisi Mathius Fakhiri menegaskan, sebanyak 19 terduga provokator dalam insiden ribut-ribut saat penangkapan Gubernur Lukas Enembe, telah diamankan jajaran Polresta Jayapura Kota dan Polres Jayapura.

Dari 19 orang yang diamankan sejak Selasa (10/1), satu orang di antaranya meninggal dunia di RSUD Yowari. Sementara 18 lainnya, masih diperiksa penyidik.

"Mereka ditangkap karena melakukan penyerangan terhadap anggota, serta memprovokasi massa pendukung lainnya. Baik di sekitar Mako Brimob Kotaraja, Kota Jayapura maupun di Sentani," kata Kapolda Fakhiri dalam jumpa pers secara virtual dari Timika, seperti dikutip ANTARA, Rabu (11/1).

Baca juga : Dipamerin KPK, Gubernur Papua Lukas Enembe Pamer Tangannya Diborgol

Kapolda menjelaskan, pemeriksaan masih dilakukan penyidik di dua tempat sesuai lokasi kejadian.

Di Polresta Kota Jayapura, tercatat dua orang yang melakukan penyerangan kepada anggota, termasuk pelemparan. Sementara Polres Jayapura Sentani,  menangani belasan orang massa pendukung Enembe.

Dari 19 orang yang diamankan, ada satu orang meninggal dunia dalam perawatan di rumah sakit akibat luka tembak dan 16 orang mengalami luka-luka.

Baca juga : Tanggapi Penangkapan Lukas Enembe, Jokowi: Semua Sama Di Mata Hukum!

Mereka yang terluka, sudah ditangani secara medis.

"Saya masih menunggu laporan lengkap, karena ada yang meninggal. Makanya, Kabid Propam saya perintahkan untuk menyelidiki, apakah penanganannya sudah sesuai prosedur atau tidak. Kalau tidak, akan ditindaklanjuti sesuai hukum yang berlaku, " tegas Kapolda Fakhiri.

Dia meminta masyarakat Papua tetap tenang, dan tidak terpengaruh dengan isu-isu yang tidak benar.

Baca juga : Diterbangkan Ke Jakarta, Lukas Enembe Didampingi Seorang Dokter Dan Perawat

"Mari kita bersama-sama menjaga Papua, hingga menjadi tanah yang damai," ujarnya.

Gubernur Papua Lukas Enembe yang sebelumnya telah ditetapkan sebagai tersangka kasus dugaan suap dan gratifikasi, diciduk KPK pada Selasa (10/1).

Usai ditangkap, Lukas Enembe langsung diterbangkan ke Jakarta dari Bandara Sentani, dengan transit di Manado. ■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.