Dark/Light Mode

Suaranya Terus Anjlok

Prabowo Kesedot Anies

Sabtu, 14 Januari 2023 08:00 WIB
Ketua Umum Partai Gerindra, Prabowo Subianto. (Foto: Antara).
Ketua Umum Partai Gerindra, Prabowo Subianto. (Foto: Antara).

RM.id  Rakyat Merdeka - Elektabilitas Ketua Umum Partai Gerindra, Prabowo Subianto di sejumlah survei belakangan terus anjlok. Penurunan ini membuat posisi Prabowo akhirnya berhasil disalip bakal capres dari NasDem, Anies Baswedan. Ternyata salah satu pemicu anjloknya elektabilitas Prabowo, karena suaranya banyak kesedot Anies.

Temuan itu tergambar dalam hasil jajak pendapat Saiful Mujani Research and Consulting (SMRC) yang dirilis pada Kamis (13/1) lalu. Survei yang digelar pada periode 3-11 Desember 2022 itu menunjukkan banyaknya pemilih Prabowo-Sandiaga Uno di Pilpres 2019 lalu berpaling ke Anies.

Pendiri SMRC Saiful Mujani menyebutkan ada sekitar 44 persen pemilih Prabowo-Sandi beralih pilihannya ke mantan Gubernur DKI Jakarta itu. “Prabowo tinggal 37 persen, ke Ganjar 13 persen,” kata Saiful dalam paparannya di kanal YouTube SMRCTV, kemarin.

Baca juga : Ariza Pilih Prabowo Ketimbang Anies: Kepemimpinannya Terbukti

Dalam survei itu juga diukur jumlah pemilih Prabowo-Sandi yang beragama Islam pindah ke Anies. Pasalnya, saat kontestasi elektoral Pilpres lalu, mayoritas pemilih Prabowo-Sandi beragama Islam. Jumlahnya mencapai 98,7 persen.

Nah, dari keseluruhan pemilih muslim Prabowo-Sandi, mayoritas beralih mendukung Anies, jumlahnya mencapai 45 persen. Sementara yang tetap mendukung Prabowo adalah 36 persen. Lalu ada juga yang berpindah ke Ganjar Pranowo sebanyak 13 persen.

Apa kesimpulannya? Saiful menjelaskan, kondisi itu menunjukan bahwa Anies telah menggantikan Prabowo sebagai representasi politik kelompok Islam. “Pada Pemilu 2019, sentimen Islam cukup kuat pada Prabowo. Sekarang diganti sama Anies. Sentimen Islam pada 2019 pindah ke Anies,” paparnya.

Baca juga : Jasa Raharja Gencar Tekan Angka Kecelakaan

Dari temuan itu, Saiful menyimpulkan bahwa figur capres yang menjadi pesaing utama Prabowo adalah Anies. Bukan Ganjar. “Ganjar anteng aja sendirian,” terangnya.

Apakah Prabowo tidak ketiban berkah pendukung Jokowi-Ma’ruf setelah bergabung dalam koalisi pendukung pemerintah? Jelas ada. Tapi Prabowo kebagian sedikit. Hanya 22 persen. Sebagian besar pemilih Jokowi-Ma’ruf di Pilpres 2019 lalu condoh memilih Ganjar, yakni mencapai 44 persen. Sedangkan, 15 persen lainnya menyatakan tidak tahu atau tidak menjawab.

Untuk diketahui, jajak pendapat yang melibatkan 1.220 responden ini dilakukan dengan tatap muka secara langsung. Survei memiliki tingkat kepercayaan mencapai 95 persen, dan margin of error lebih kurang 3,1 persen.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.