Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Andi Gani Tegaskan Arvindo Bukan Inisiator Musra Jatim

Selasa, 17 Januari 2023 12:45 WIB
Ketua Dewan Pengarah Musra Indonesia Andi Gani Nena Wea saat 
Musyawarah Rakyat (Musra) ke-XIII Jawa Timur di Grand City Surabaya, Minggu (15/1). (Foto: Istimewa)
Ketua Dewan Pengarah Musra Indonesia Andi Gani Nena Wea saat Musyawarah Rakyat (Musra) ke-XIII Jawa Timur di Grand City Surabaya, Minggu (15/1). (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Ketua Dewan Pengarah Musra Indonesia Andi Gani Nena Wea terkejut ada yang mengaku sebagai inisiator dalam Musra XIII di Jawa Timur.

"Inisiator Musra adalah pimpinan 18 organ relawan Jokowi dan tidak ada nama Arvindo Noviar di dalamnya," tegas Andi Gani di Jakarta, Selasa (17/1).

Andi Gani menjelaskan, tidak ada istilah Inisiator di Musra XIII Jawa Timur. "Justru yang ada itu panitia daerah yang dipimpin Fauzi sebagai ketuanya," katanya.

Baca juga : Gerindra & PKB Duel Bukan Duet

Ia menegaskan, Musra sendiri merupakan forum yang digelar relawan Jokowi, untuk menghimpun keinginan elemen masyarakat akar rumput, terkait calon presiden dan calon wakil presiden pada Pemilu Presiden 2024 mendatang.

Sejauh ini, kata Andi Gani, muncul banyak tokoh yang dijagokan dalam perhelatan Musra. Ada yang mendukung Ganjar Pranowo, Prabowo Subianto, Arsjad Rasjid, Airlangga Hartarto, Mahfud MD, dan banyak lagi lainnya.

"Dan kami kaget munculnya nama Budiman Sujatmiko ini. Karena, hasil e-voting Musra Jawa Timur juga kan belum diumumkan sampai saat ini," jelasnya.

Baca juga : Scolani Tegaskan Messi Bisa Ikut Piala Dunia 2026

Ketua Panitia Nasional Musra Indonesia Panel Barus menambahkan, tidak ada nama Arvindo Noviar dalam jajaran inisiator Musra. "Kami membantah klaim tersebut," katanya.

Panel menjelaskan, Musra Jawa Timur yang digelar di Grand City Surabaya memang dihadiri 6 ribu peserta dari berbagai elemen masyarakat. Baik itu dari petani, nelayan, buruh, wong cilik, dan lainnya.

Namun, Panel menegaskan, nama tokoh yang disebut yaitu, Budiman Sudjatmiko tidak muncul dalam perhelatan Musra Jawa Timur.

Baca juga : Andien, Kagumi Tempat Syuting Crash Landing On You

"Nama itu tidak muncul dalam pernyataan peserta di forum Musra. Sementara, hasil e-voting juga belum terlihat ada nama itu," ucapnya.

Sebelumnya, Arvindo Noviar yang mengaku sebagai inisiator Musra Jawa Timur ini mendukung politisi PDI Perjuangan Budiman Sudjatmiko sebagai tokoh yang layak maju jadi calon presiden. Panitia nasional Musra membantah pernyataan dari Arvindo soal itu. ■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.