Dark/Light Mode

Subsidi Motor Listrik Diprioritaskan Untuk Rakyat Sederhana

Harga Baterai Masih Mahal Tetap Bakal Memberatkan

Sabtu, 28 Januari 2023 06:45 WIB
Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan. (Foto: Kemenko Marves).
Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan. (Foto: Kemenko Marves).

RM.id  Rakyat Merdeka - Pemerintah memastikan akan memberikan subsidi pembelian motor listrik sebesar Rp 7 juta per unit. Sasarannya, rakyat sederhana.

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan mengatakan, Indonesia terus mendorong pertumbuhan hijau. Salah satunya melalui percepatan adopsi Kendaraan Bermotor Listrik Berbasis Baterai (KBLBB).

“Peraturan terkait KBLBB akan segera difinalkan dalam waktu dekat,” tegas Luhut dalam keterangan tertulis, ke­marin.

Baca juga : Harga Miring, Kendaraan Listrik Bakal Laris Manis

Peraturan tersebut juga memuat insentif yang akan diberikan kepada masyarakat dalam rangka transisi dari kendaraan berbasis Bahan Bakar Minyak (BBM) menjadi kendaraan listrik. Kata Luhut, diperkirakaan aturan KBLBB akan kelar minggu depan atau Februari awal 2023.

“Rp 7 juta ya kira-kira untuk motor lis­trik baru, nanti akan diumumkan semua, diprioritaskan untuk rakyat sederhana,” beber dia.

Luhut yakin, Indonesia telah siap mem­bangun ekosistem menuju transformasi KBLBB. Salah satunya, telah dibangun­nya proyek kawasan industri Kalimantan Industrial Park Indonesia (KIPI) Tanah Kuning, Kalimantan Utara.

Baca juga : Harga Beras Terpantau Stabil

“Ekosistem yang kita bangun ini sudah ada raw material-nya, refinery-nya, EV battery-nya semua sudah tersusun. Ini sudah berjalan,” katanya.

Presiden Joko Widodo, kata Luhut, akan melakukan groundbreaking proyek tersebut pada 27 Februari 2023. Yaitu, sebesar 1.400 Megawatt dari 10.000 Megawatt di Sungai Kayan dan seki­tarnya.

‘Jadi, ini one of the largest and greatest downstream industry akan ada di Tanah Kuning nanti,” ungkap Luhut.

Baca juga : Bakal Serap 1 Juta Motor Listrik Lokal Untuk Karyawan, Menteri Teten Support HIPPINDO

Ketua Umum Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) Yohanes Nagoi menyambut baik rencana pengesahan aturan sub­sidi kendaraan listrik pada pekan depan. Subsidi bakal cepat mendongkrak popu­lasi kendaraan listrik di Indonesia.

“Buat saya sudah luar biasa sekali. Karena saya lihat di Australia, support-nya sekitar 3.000 dolar Australia atau mungkin sekitar Rp 30 juta,” ungkap Nangoi.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.