Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Ibadah Haji Wajib Bagi Kaum Muslimin Dalam Kategori Berikut Ini

Selasa, 31 Januari 2023 21:19 WIB
Mekkah. (
Mekkah. (

RM.id  Rakyat Merdeka - Ibadah haji merupakan salah satu dari lima fondasi Islam. Dalam rukun Islam, haji menempati posisi kelima setelah syahadat, shalat, puasa, dan zakat. Haji juga merupakan satu-satunya ibadah yang diwajibkan dengan persyaratan ‘istitha’ah’ (kemampuan).

Ketua Pimpinan Pusat Muhammadiyah, Dadang Kahmad menjekaskan, mengutip Surat Ali Imran ayat 97. Dalam ayat itu, istitha’ah disebut sebagai syarat wajibnya menunaikan ibadah haji. Ayat ini diakhiri dengan penegasan bahwa siapa yang mengingkari perintah ini, maka Allah Maha Kaya (tidak membutuhkan hamba-Nya).

“Barangsiapa yang ingkar, tidak mau haji kalau dia sudah bisa haji, orang kaya, orang aman, tapi enggan (menunaikan) padahal sanggup, maka disebut bahwa Allah Maha Kaya,” ujarnya.

Baca juga : Keluarga Sultan Brunei Darussalam Kagumi Batik Indonesia

Dalam Catatan Akhir Pekan TvMu, Ahad (29/1) Dadang Kahmad juga mengatakan upaya memenuhi kewajiban haji sudah sangat mudah di zaman sekarang. Sehingga berbagai alasan untuk tidak menunaikannya menjadi mustahil.

“Tapi kalau tidak mampu ya tidak termasuk yang diseru Allah. Mampu itu mungkin badannya kuat, ongkosnya punya, bekal di sana punya, perjalanan juga sedang baik, tidak dalam keadaan perang dan itu mungkin yang dipertimbangkan dalam ibadah haji,” ujar Dadang.

Dia berpesan kepada kaum muslimin yang memiliki niat untuk menunaikan haji untuk mempersiapkan aspek istitha’ah-nya.

Baca juga : Rupiah Keok Lagi Lawan Dolar AS Pagi Ini

Dadang mengingatkan, kepada para calon jamaah baik yang terdaftar pada tahun ini atau akan datang, bersiap-siaplah untuk pergi ke sana (Baitullah), peliharalah kesehatan dari sekarang, kumpulkan semacam bekal untuk bisa ke sana.

"Bekal yang paling bagus bekal itu adalah bekal takwa, bekal iman kita, bekal akhlak kita supaya nanti datang ke sana itu kita dalam keadaan yang baik, yang bagus,” ujar Dadang.

Menanggapi pengelolaan haji oleh pemerintah Indonesia, Dadang menilai sudah berjalan dengan baik. Meski demikian, dia mengatakan perlunya pelibatan sektor swasta untuk meningkatkan kualitas dan kuantitas pelayanan.

Baca juga : Muktamar Haji Bahas Kemungkinan Sembelih Hewan Dam Di Indonesia

“Bagi pemerintah kami atas nama Persyarikatan berterimakasih sudah menyelenggarakan haji dengan baik. Tapi kami juga meminta untuk terus diperbaiki, terus dipermudah dan terus profesional termasuk juga lebih transparan menyangkut hal-hal pembiayaan sehingga jamaah haji kita itu tidak ada yang tidak mampu untuk membayar," ujar Dadang. ■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.