Dark/Light Mode

Komentari Pria Nakal Sampai Persalinan

Prabowo Jadi Anak Medsos

Senin, 13 Februari 2023 08:00 WIB
Menteri Pertahanan Prabowo Subianto. (Foto: Antara).
Menteri Pertahanan Prabowo Subianto. (Foto: Antara).

 Sebelumnya 
Kenapa Prabowo sekarang terlihat aktif di medsos? Juru bicara Prabowo Subianto, Dahnil Anzar Simanjuntak mengakui saat ini bosnya itu menaruh perhatian dengan medsos. Aktifnya Prabowo di medsos, kata dia, karena ingin berinteraksi lebih intens dengan netizen.

Soal pengelola akun Prabowo, Dahnil membenarkan bila itu dikelola oleh tim.

“Tapi atas sepengetahuan dan izin Prabowo terkait jabawan dan konten-kontennya,” ungkap Dahnil.

Baca juga : BNPP Bareng Pemda Nunukan Bahas Pencegahan Dan Penanganan Perkawinan Anak Usia Dini

Pengamat politik dari Universitas Paramadina, Hendri Satrio menilai, aktifnya Prabowo di medsos karena mengikuti tren perkembangan zaman sekaligus menyapa pemilihnya di Pilpres 2019.

“Kan sejak Pak Prabowo jadi menteri, dia jarang menyapa pemilihnya. Kalau menurut saya sih dua hal itu,” ujar pria yang akrab disapa Hensat ini.

Namun, bila tujuannya sekedar merubah gaya komunikasi demi kepentingan Pilpres 2024, Hensat menganggap itu keliru. Kenapa? Berdasarkan penelitian dan desertasinya, untuk meningkatkan popularitas, media sosial tidak terbukti moncer. Begitu juga jika ingin menaikkan elektabilitas, hasilnya tidak begitu signifikan.

Baca juga : Fadli Zon Ungkap 7 Poin Perjanjian Prabowo-Anies Di Pilgub 2017

Direktur Eksekutif Parameter Politik Indonesia, Adi Prayitno punya pandangan berbeda. Dia melihat dengan menjadi anak medsos, Prabowo ingin terlihat lebih trendi, akrab dengan pemilihnya di medsos. Karena selama ini Prabowo dianggap tidak terlalu peduli medsos.

Menurut Adi, politisi yang aktif bermedsos terbukti efektif. Karena melalui cara ini, publik bisa mengetahui sepak terjang, perilaku, dan rekam jejak politisi tersebut. Memang terdapat pro dan kontra, tapi setidaknya Prabowo telah diperbincangkan melalui medsos.

Apalagi, selama ini narasi di medsos dikuasai Ganjar Pranowo, Anies Baswedan, Ridwan Kamil, Erick Thohir, Agus Harimurti Yudhoyono, dan Sandiaga Uno.

Baca juga : Ganjar Milenial Center Gelar Pelatihan Mengolah Sampah Bersama Anak Muda Di Sanggau

“Dengan aktif di medsos, Prabowo sudah pasti akan turut diperbincangkan di dunia maya,” cetus Adi. ■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.