Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Asyik, Pengusaha Singapura Tertarik Nyawer Ke IKN

Jumat, 17 Maret 2023 08:00 WIB
Presiden Jokowi disambut Langsung PM Lee di Istana Kepresidenan Singapura. (EDGAR SU/POOL/AFP).
Presiden Jokowi disambut Langsung PM Lee di Istana Kepresidenan Singapura. (EDGAR SU/POOL/AFP).

RM.id  Rakyat Merdeka - Kunjungan Presiden Jokowi ke Singapura berbuah manis. Usai bertemu Perdana Menteri Singapura Lee Hsien Loong, Jokowi bakal dapat suntikan dana buat proyek Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara. Karena menurut PM Lee, banyak pengusaha di Singapura yang tertarik untuk nyawer ke IKN.

Pagi kemarin, Jokowi bertolak ke Singapura menggunakan Pesawat Kepresidenan dari Pangkalan TNI AU Halim Perdanakusuma, Jakarta. Ia didampingi sejumlah pejabat.

Baca juga : Wow, Ada 20 Investor Singapura Tertarik Tanam Cuan Di IKN

Mereka adalah Sekretaris Kabinet Pramono Anung, Dirjen Protokol dan Konsuler Kementerian Luar Negeri/Kepala Protokol Negara Andy Rachmianto, Komandan Paspampres Mayjen TNI Rafael Granada Baay, Sekretaris Pribadi Presiden Anggit Noegroho, dan Deputi Bidang Protokol, Pers, dan Media Sekretariat Presiden Bey Machmudin.

Usai 1 jam 20 menit mengudara, Pesawat Kepresidenan mendarat di Bandara Internasional Changi, Singapura, pukul 09.20 waktu setempat. Rombongan disambut hangat Menteri Pendidikan Singapura Chan Chun Sing, Kepala Protokol Singapura Chia Wei Wen, Duta Besar Republik Singapura untuk Republik Indonesia Kwok Fook Seng, Duta Besar Republik Indonesia untuk Republik Singapura Suryopratomo dan Ibu Noeri Suryopratomo, Panglima TNI Laksamana Yudo Margono, serta Atase Pertahanan Republik Indonesia di Singapura Kolonel Achmad Zailani dan Ibu Dian Zailani.

Baca juga : KPK Cegah Dirut TransJakarta Kuncoro Wibowo Ke LN

Selanjutnya, Jokowi bersama rombongan melanjutkan perjalanan menuju Hotel Fullerton, bertemu dengan para menteri, se membahas pertemuan Leaders’ Retreat dengan PM Lee. Mereka disambut Menko Perekonomian Airlangga Hartarto, Menko Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan, Menteri Luar Negeri Retno Marsudi, Menteri Pertahanan Prabowo Subianto, Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, Kepala Otorita IKN Bambang Suswantono, dan Kepala Badan SAR Nasional Marsekal Madya TNI Henri Alfiandi.

Diungkapkan Retno, salah satu fokus pembahasan Jokowi dengan PM Lee terkait investasi Singapura di IKN. Kerja sama ekonomi, digital, kesehatan, dan energi terbarukan akan menjadi fokus pembahasan,” katanya, yang lebih dulu berada di Singapura.

Baca juga : Presiden Saksikan Penyerahan Pesawat Pertama Super Hercules TNI AU

Beres dari Hotel Fullerton, Jokowi dan rombongan berangkat ke Istana Kepresidenan Singapura. Sambutan hangat diberikan PM Lee kepada Jokowi. Keduanya memperkenalkan anggota delegasi masing-masing, didahului Singapura.

Di hadapan Jokowi dan PM Lee, sejumlah menteri dan kepala lembaga dari kedua negara memamerkan hasil kesepakatan alias MoU. Seperti Luhut, Airlangga, Budi Gunadi Sadikin, Suharso Monoarfa, Bambang Susantono, Henri Alfiandi, dan terakhir Prabowo.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.