Dark/Light Mode

Safari Politik Ke Jawa Timur

Anies Bisa Gandeng Khofifah Di Pilpres

Minggu, 19 Maret 2023 07:25 WIB
Bakal calon presiden (ba­capres) Anies Baswedan. (Foto: Facebook)
Bakal calon presiden (ba­capres) Anies Baswedan. (Foto: Facebook)

 Sebelumnya 
Pertama, Anies menunaikanshalat Jumat di Masjid Al Akbar, Surabaya. Di sini, Anies dikerubungi jemaah yang ingin berfoto bersama usai shalat Jumat. Sejumlah relawan meneriakkan yel-yel Anies Presiden 2024.

Anies lantas berjalan ke Sentra Wisata Kuliner (SWK) Gayungan. Di sini, Anies juga jadi rebutan foto.

“Alhamdulillah, saya bersyukur bisa ke Surabaya. Ini kota keluarga kami. Kakek kami di sini, tumbuh besar di kawasan Ampel,” kata Anies.

Baca juga : Paloh Tak Keberatan Anies Gandeng AHY

Anies selanjutnya menghadiri acara Simfoni Kebangsaan di Dyandra Convention Center, Surabaya, yang dibanjiri ra­tusan simpatisan dari Partai NasDem, PKS hingga Partai Demokrat.

Anies dijadwalkan bertemu para ulama Jatim yang ditem­patkan di salah satu pondok pesantren di Sampang Madura.

Minggu pagi, Anies jalan santai, dan parade budaya serta festival menanam kebaikan menjemput perubahan.

Baca juga : Anies Terima AHY Cawapres?

Sebelum balik ke Jakarta, Anies juga dijadwalkan ziarah ke beberapa makam ulama, termasuk ke makam Sunan Bungkul di Surabaya.

Anies menegaskan, kunjungannya ke Surabaya tidakuntuk kampanye atau agendayang sifatnya politis. Dia hanyasilaturahmi dengan relawan dan teman lama.

Terpisah, Hendri Satrio (Hensat), Juru Bicara Anies Baswedan, tak masalah ada penolakan kepada Anies saat kunjungan ke Jatim. Memang, di hari pertama kunjungannya, Anies didemo dan ditolak kedatangannya oleh sejumlah kelompok.

Baca juga : Cegah Politik Identitas, Bawaslu Gandeng PBNU

“Berbeda pendapat bagian dari demokrasi. Yang penting saling menghormati dan saling menghargai. Biarkan saja. Mari kita hadapi Pemilu dengan riang gembira,” tulis Hensat dalam pesannya, ke­marin.

Ketua Bawaslu Kota Surabaya Agil Akbar mengatakan, Bawaslu Surabaya mengimbau agar tidak ada kegiatan bersifat politik di rumah ibadah.

Agil menyatakan, acara Anies di Surabaya boleh dige­lar sepanjang tidak melanggar Undang-undang Pemilu. Salah satunya, tidak melakukan sosialisasi praktis di masjid atau tempat pendidikan. ■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.