Dark/Light Mode

Fokus Layani Jemaah Haji, Ratusan PPIH Bidang Kesehatan Ikuti Pelatihan

Senin, 27 Maret 2023 08:10 WIB
PPIH Arab Saudi Bidang Kesehatan Tahun 2023 saat menggelar pelatihan di Balai Besar Pelatihan Kesehatan (BBPK), Ciloto Jawa Barat. (Foto: Dok. Kemenkes)
PPIH Arab Saudi Bidang Kesehatan Tahun 2023 saat menggelar pelatihan di Balai Besar Pelatihan Kesehatan (BBPK), Ciloto Jawa Barat. (Foto: Dok. Kemenkes)

RM.id  Rakyat Merdeka - Pelatihan Kompetensi Petugas Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Arab Saudi Bidang Kesehatan Tahun 2023 sedang berlangsung di Balai Besar Pelatihan Kesehatan (BBPK) Ciloto pada 24-27 Maret 2023.

Sekitar 306 PPIH bidang kesehatan terpilih mendapatkan pelatihan teknis sesuai kompetensi masing-masing. PPIH bidang kesehatan dibagi menjadi 5 kelompok kelas yaitu emergency medical team (EMT), promosi kesehatan dan sanitarian, farmasi dan penunjang medis, dokter, serta perawat.

Metode pelatihan kompetensi tidak hanya secara teoritis namun lebih banyak melalui metode role play dengan kasus yang disesuaikan dengan kondisi yang sering dihadapi saat penyelenggaraan ibadah haji.

Baca juga : Terbukti Secara Sains, Puasa Ramadan Dorong Keseimbangan Tubuh

“PPIH bidang kesehatan dituntut memberikan pelayanan prima terutama karena adanya peningkatan jemaah haji lansia dan mayoritas risiko tinggi,” jelas Kepala Pusat Kesehatan Haji Liliek Marhaendro Susilo, dalam keterangannya, Minggu (26/3).

Selain pelatihan kompetensi teknis tenaga kesehatan, PPIH juga diberikan kompetensi lainnya seperti kerja sama tim dan kolaborasi profesi di daetah kerja (Daker), komunikasi efektif, serta sistem digitalisasi kesehatan haji.

Menurutnya, kompetensi ini penting untuk mendukung pelaksanaan tugas PPIH nantinya. Keberhasilan penyelenggaraan kesehatan jamaah haji bukan hanya sekadar kompetensi satu bidang saja, namun terletak pada kebersamaan dan kekompakan antar petugas kesehatan.

Baca juga : Pelayanan KRL Jabodetabek: Ratusan Ribu Penumpang Per Hari Bakal Telantar

Sementara itu Sekretaris Jenderal Kemenkes Kunta Wibawa Dasa Nugraha berharap agar PPIH bidang kesehatan dapat bertugas dengan baik dan fokus untuk memberikan pelayanan kepada jemaah haji untuk mewujudkan penyelenggaraan haji yang aman dan sehat.

Kunta berpesan bahwa tugas sebagai PPIH adalah tugas yang mulia dan tugas utamanya adalah memberikan pelayanan kesehatan yang optimal kepada jemaah haji sehingga diharapkan tidak mementingkan kepentingan pribadi.

“Teman-teman di pelatihan ini tugasnya adalah menjadi petugas kesehatan untuk melayani jemaah haji agar jemaah tetap sehat, bukan menjalankan ibadah haji. Jangan sampai meninggalkan jemaah untuk mementingkan ibadah sendiri,” tegas Kunta. ■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.