Dark/Light Mode

KPK Klarifikasi LHKPN Sekda Jatim dan Pegawai Ditjen Hubla Kemenhub

Senin, 10 April 2023 18:27 WIB
Juru Bicara KPK Bidang Pencegahan Ipi Maryati. (Foto: Ist)
Juru Bicara KPK Bidang Pencegahan Ipi Maryati. (Foto: Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) hari ini memanggil Sekretaris Daerah (Sekda) Jawa Timur Adhy Karyono dan pegawai Direktorat Jenderal (Ditjen) Perhubungan Laut Kementerian Perhubungan (Kemenhub) M. Rizky Alamsyah.

Keduanya dipanggil untuk diklarifikasi soal laporan harta kekayaan penyelenggara negara (LHKPN) miliknya.

"Benar, hari ini Direktorat PP LHKPN mengundang Sekretaris Daerah Provinsi Jawa Timur dan pegawai Ditjen Perhubungan Laut Kementerian Perhubungan untuk permintaan klarifikasi LHKPN," ujar Juru Bicara Bidang Pencegahan KPK Ipi Maryati, lewat pesan singkat, Senin (10/3).

Baca juga : Diklarifikasi 6,5 Jam, Sekda Riau Ngaku Sudah Beberkan Semuanya Ke KPK

"Keduanya hadir secara langsung memenuhi undangan kami di Gedung KPK tadi pagi dan saat ini telah selesai menjalani proses klarifikasi," sambungnya.

Kepada keduanya, tim mengkonfirmasi sejumlah informasi dan data.

"Salah satunya terkait isian harta yang dilaporkan dalam LHKPN yang telah disampaikan kepada KPK," tuturnya.

Baca juga : Datangi KPK Untuk Klarifikasi LHKPN, Sekda Riau: Terima Kasih

Ipi enggan merinci lebih lanjut jawaban kedua pejabat itu. Yang pasti, komisi antirasuah bakal mencocokkan dokumen dan bukti yang ada dengan keterangan.

"Kami juga terbuka untuk melakukan pendalaman lebih lanjut, baik dengan melakukan penelusuran terkait transaksi keuangan, sumber penghasilan, asal-usul perolehan harta, ataupun dokumen kepemilikan harta," tandas Ipi.

Sebelumnya, video istri pegawai Ditjen Hubla Kemenhub M Rizki Alamsyah pamer harta kekayaan, viral di media sosial (medsos).

Baca juga : KPK Klarifikasi LHKPN 3 Pegawai DJP Yang Punya Saham Di Perusahaan Konsultan Pajak

Istri Rizki Alamsyah kerap pamer naik mobil mewah. Padahal, kendaraan yang dicatatkan dalam LHKPN suaminya hanya mobil Honda Freed.

Sementara itu, belum diketahui keterkaitan Sekda Jatim atas klarifikasi laporan harta kekayaannya. Diduga, KPK menemukan adanya kejanggalan dalam pelaporan harta kekayaan Adhy Karyono. ■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.