Dark/Light Mode

Usut Harta Kekayaan, KPK Dalami Bisnis Anak Pj Bupati Bombana

Jumat, 5 Mei 2023 21:01 WIB
Deputi Pencegahan dan Monitoring KPK Pahala Nainggolan (Foto: Tedy Kroen/Rakyat Merdeka)
Deputi Pencegahan dan Monitoring KPK Pahala Nainggolan (Foto: Tedy Kroen/Rakyat Merdeka)

RM.id  Rakyat Merdeka - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) masih mendalami harta kekayaan Pj Bupati Bombana, Sulawesi Tenggara, Burhanuddin.

Burhanuddin sendiri sudah menjalani klarifikasi Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN) yang disetorkannya ke KPK, Kamis (6/4).

"Masih didalami," ujar Deputi Pencegahan dan Monitoring KPK Pahala Nainggolan, di Gedung Merah Putih KPK, Jakarta Selatan, Jumat (5/5).

Baca juga : Anaknya Dituding Kuasai Bisnis Lapas, Yasonna Membantah

Menurut Pahala, Burhanudin mengaku hartanya berasal perusahaan milik anaknya. Komisi antirasuah bakal mendalami apakah perusahaan milik anak Burhanuddin berkaitan dengan proyek-proyek di Pemkab Bombana.

"Kita lagi cari, misalnya kalau anaknya punya perusahaan, perusahaannya main di Pemda nggak? Yang gitu-gitu kita cari," tuturnya.

Burhanuddin bersama istrinya, Fatmawati Kasim Marewa, viral di media sosial lantaran kerap memamerkan gaya hidup mewah.

Baca juga : Garap 2 Pejabat BPK Riau, KPK Dalami Aliran Duit Suap Bupati Meranti

Dari mulai sepatu branded, motor gede alias moge, hingga plesiran ke Amerika Serikat.

Padahal, dikutip dari laman elhkpn.kpk.go.id, Burhanuddin tercatat hanya memiliki harta kekayaan sebesar Rp 1.298.021.617 (Rp 1,2 miliar).

Harta tersebut terakhir kali dilaporkan ke KPK pada 22 Maret 2022 untuk periodik 2021 ketika dia masih menjabat sebagai Kepala Dinas Sumber Daya Air dan Bina Marga Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sultra.

Baca juga : Cocokkan Komunikasi Suap, KPK Ambil Sampel Suara Bupati Meranti

Harta Burhanuddin meliputi 11 aset berupa tanah dan bangunan. 11 aset yang mayoritas berupa tanah tersebut tersebar di Kendari, Konawe Selatan, dan Konawe, yang totalnya senilai Rp 1,2 miliar.

Burhanuddin tercatat juga memiliki mobil Toyota Jeep tahun 1997 dan Ford Ranger XLT Double Cabin tahun 2008. Dua kendaraan Burhanuddin tersebut senilai Rp 160 juta.

Burhanuddin juga melaporkan memiliki harta bergerak lainnya senilai Rp 3 juta. Kemudian, kas dan setara kas Rp 104 juta. Tak hanya itu, ia ternyata juga memiliki utang sebesar Rp 264 juta. ■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.