Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Dukung Kejagung Usut Dugaan Korupsi Di Antam

Erick Konsisten Bersih-bersih BUMN

Jumat, 26 Mei 2023 08:00 WIB
Menteri BUMN Erick Thohir. (Foto: Antara).
Menteri BUMN Erick Thohir. (Foto: Antara).

RM.id  Rakyat Merdeka - Menteri BUMN, Erick Thohir mendukung Kejaksaan Agung (Kejagung) mengusut dugaan korupsi emas di PT Antam. Erick menegaskan, konsisten melakukan bersih-bersih BUMN.

Erick mengatakan, sejak awal dilantik sebagai Menteri BUMN, hanya fokus melakukan transformasi dan perbaikan sumber daya manusia (SDM). Menurutnya, setiap perusahaan akan berkembang bila orang yang tepat menduduki jabatan yang tepat.

Selain itu, Erick yang juga menjabat Ketua Umum PSSI ini, selalu berkomitmen untuk terus melakukan pembenahan di perusahaan pelat merah dari segala bentuk tindak pidana korupsi. “Kita konsisten lakukan bersih-bersih ini. Tetapi kalau memang tetap ada oknum-oknum yang terkena, ya tentu itu bagian dari bersih-bersih,” tegas Erick di Kantor Kementerian BUMN, Jakarta, Kamis (25/5).

Baca juga : Geledah Kantor Kemensos, KPK Temukan Bukti Dugaan Korupsi Bansos Beras PKH

Sikap konsisten tersebut, dibuktikan Erick dengan menggandeng Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) maupun Kejagung. Dia menegaskan, kalau memang ada oknum di Kementerian BUMN maupun di sejumlah perusahaannya, maka orang itu harus diproses hukum. Sebab, upaya penindakan itu, sejalan dengan niatnya menjadi menteri. Yakni, untuk menyeimbangkan antara tugas dengan manusia yang menjalaninya.

“Kita tunggu saja dari pihak berwajib seperti apa. Yang pasti, saya dukung penuh, karena itu walaupun gimana, buat kami berarti sistemnya sudah mulai berjalan,” ungkapnya.

Erick mengungkapkan, sejak menjadi Menteri yang gemar bersih-bersih, terjadi kenaikan laba perusahaan BUMN mencapai Rp 303 triliun di tahun 2022. Ditambah adanya pembagian dividen senilai Rp 80 triliun kepada kocek negara.

Baca juga : IPW Dorong KPK Tuntaskan Dugaan Korupsi WC Sultan Di Bekasi

Apabila Kementerian BUMN benar-benar bersih dari korupsi, Erick optimis, nilai itu akan terus bertambah di akhir tahun ini. Nantinya, negara juga yang memperoleh hasil dan manfaatnya bisa dirasakan langsung oleh masyarakat luas.

“Saya tidak mau kendorkan. Saya minta seluruh BUMN, targetnya kalau bisa ya (minimal) Rp 80 triliun juga, jangan turun lagi,” pungkasnya.

Diketahui, saat ini Kejagung sedang mengusut dugaan korupsi komoditas emas sejak 2010-2022 yang nilainya diperkirakan mencapai Rp 47,1 triliun. Perkara yang terjadi di Antam ini, berkaitan dengan kegiatan ekspor-impor komoditas logam mulia dan emas.

Baca juga : Kejagung Tetapkan Menkominfo Jadi Tersangka, Relawan Jokowi: Momentum Bersih-bersih

Diduga, proses keluar-masuknya barang itu, menyalahi aturan. Sehingga, negara kehilangan haknya atas penerimaan pajak dari sisi bea cukai. Dugaan korupsi ini sendiri, sudah dilakukan sejak 2021, tapi baru naik ke penyidikan pada 10 Mei 2023.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.