Dark/Light Mode

Dukung Kejagung Usut Dugaan Korupsi Di Antam

Erick Konsisten Bersih-bersih BUMN

Jumat, 26 Mei 2023 08:00 WIB
Menteri BUMN Erick Thohir. (Foto: Antara).
Menteri BUMN Erick Thohir. (Foto: Antara).

 Sebelumnya 
Sikap tegas Erick bersih-bersih BUMN mendapat dukungan DPR. Anggota DPR dari Partai NasDem, Irma Suryani Chaniago memuji sikap Erick. Menurutnya, tangan dingin Erick bisa membawa perubahan positif di tubuh BUMN.

“Sejak mengenal Erick, saya tidak ragu bahwa beliau memang pantas memimpin BUMN. Karena selain piawai mengelola bisnis, beliau juga konsisten terhadap good governance,” ujar Irma kepada Rakyat Merdeka, kemarin.

Sikap ini, kata Irma, dibuktikan Erick dengan melaporkan jajarannya yang nakal kepada aparat penegak hukum. Hal itu patut diacungi jempol, karena tidak semua pimpinan berani melakukannya.

Baca juga : Geledah Kantor Kemensos, KPK Temukan Bukti Dugaan Korupsi Bansos Beras PKH

“Sikap terbuka dan mendukung penuh penegakan hukum yang menjadi komitmen beliau tentu patut diapresiasi. Karena menurut saya beliau satu-satunya menteri yang berani bersikap tegas terhadap bawahannya yang merugikan BUMN,” ungkap Irma.

Senada, Anggota DPR dari PKB, Faisol Riza juga mendukung penuh sikap Erick untuk bersih-bersih BUMN. Salah satunya membongkar dugaan korupsi emas di tubuh Antam.

Sebagai mitra Kementerian BUMN, Faisol menilai, pengusutan kasus yang ditangani Kejagung jadi momentum tepat bagi Erick untuk bersih-bersih. Bukan hanya dari sisi hukum, tapi juga dari masalah-masalah keuangan.

Baca juga : IPW Dorong KPK Tuntaskan Dugaan Korupsi WC Sultan Di Bekasi

Kejagung Periksa Pejabat Antam

Kejagung melakukan pemeriksaan terhadap sejumlah saksi terkait kasus dugaan tindak pidana korupsi di Antam. Kapuspenkum Kejagung, Ketut Sumedana mengatakan, ada tiga saksi yang diperiksa.

Ketiga saksi yang diperiksa adalah P selaku General Manager Unit Bisnis Pertambangan Emas Antam, EIS selaku Operation Manager BUT Brinks Singapore Pte Ltd, dan IS selaku Trading Assistance Manager Antam.

Baca juga : Kejagung Tetapkan Menkominfo Jadi Tersangka, Relawan Jokowi: Momentum Bersih-bersih

“Pemeriksaan saksi dilakukan untuk memperkuat pembuktian dan melengkapi pemberkasan dalam perkara dugaan tindak pidana korupsi pada pengelolaan kegiatan usaha komoditi emas tahun 2010-2022,” ujar Ketut.

Sebelumnya, Corporate Secretary Division Head Antam, Syarif Faisal Alkadrie menyatakan, pihaknya menghormati dan mengikuti proses yang sedang berjalan, serta berkomitmen untuk bekerja sama dengan pihak terkait jika ada hal-hal yang diperlukan. â– 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.