Dark/Light Mode

Besok Di Djakarta Theatre

Don`t Miss It, Capres-Cawapres 2024 Bicara Isu Iklim Di Acara FPCI

Jumat, 23 Juni 2023 15:41 WIB
Pendiri dan Ketua FPCI Dino Patti Djalal (kiri) dan Director FPCI Climate Unit Esther Tamara dalam acara Media Briefing
Pendiri dan Ketua FPCI Dino Patti Djalal (kiri) dan Director FPCI Climate Unit Esther Tamara dalam acara Media Briefing

RM.id  Rakyat Merdeka - Para Calon Presiden (Capres) dan Calon Wakil Presiden (Cawapres) 2024 seperti Ganjar Pranowo, Prabowo Subianto, Anies Baswedan, Airlangga Hartarto, Erick Thohir, Agus Harimurti Yudhoyono, dan Sandiaga Uno siap menghadiri sesi Rembuk Kebangsaan Untuk Iklim, Indonesia Net-Zero Summit 2023: It's Now or Never di Djakarta Theatre, Sabtu (24/6).

Acara ini digagas Foreign Policy Community of Indonesia (FPCI), sebagai bentuk respons terhadap semakin krusialnya isu perubahan iklim. Tak hanya di Indonesia, tetapi juga di seluruh dunia.

Pendiri dan Ketua FPCI Dino Patti Djalal berharap, Pemilu 2024 mestinya bisa menjadi tonggak penting bagi lahirnya kebijakan Indonesia, yang lebih serius terhadap berbagai isu perubahan iklim.

Saat ini, perubahan iklim adalah agenda politik yang mendesak, setelah isu korupsi.

Baca juga : Bos FPCI: Genting, Capres 2024 Harus Angkat Isu Perubahan Iklim

"Tapi, belum ada yang bicara soal isu. Padahal, Pemilu tinggal 8 bulan lagi. Yang selama ini didengar masyarakat, baru sebatas nama Capres-Cawapres," kata Dino, dalam Media Briefing Indonesia Net Zero Summit 2023 di Bakoel Coffee, Jakarta, Rabu (21/6).

Dino menyebut, keberhasilan isu iklim dalam Pemilu 2024 sangat ditentukan oleh peran orang muda.

Mengingat jumlah pemilih muda dengan rentang usia 17-40 tahun mencapai 60 persen, atau sekitar 110 juta dari total pemilih dalam Pemilu 2024.

Mayoritas anak muda menganggap perubahan iklim, sebagai isu serius yang harus segera ditangani negara.

Baca juga : Visi Misi Capres-Cawapres PDIP Prioritaskan Pemberantasan Kemiskinan

"Kalau para calon pemimpin bicara suara pemuda, mereka harus punya posisi mengenai perubahan iklim. Mungkin, ini yang akan menjadi pembeda dengan pemilu sebelumnya," ujar Dino, yang juga mantan Wakil Menteri Luar Negeri dan eks Duta Besar Indonesia untuk Amerika Serikat.

Indonesia Net-Zero Summit (INZS) 2023 yang digelar di Djakarta Theatre XXI Jakarta pada Sabtu (24/6) pukul 09.00-21.00 WIB.

Acara ini akan dihadiri lebih dari 40 pembicara dari berbagai stakeholders (pejabat pemerintah, tokoh politik, tokoh masyarakat, selebriti, peneliti, aktivis) yang akan berdiskusi secara maraton di 15 sesi.

Antara lain Menko Marves Luhut Binsar Pandjaitan, Ketua KPU Hasyim Ashari, Anggota Perludem Titi Anggraini, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, Wakil Ketua Komisi III Ahmad Sahroni, CEO Electrum Pandu Sjahrir (CEO Electrum), artis Cinta Laura, dan Putri Indonesia 2022 Laksmi De-Nefee.

Baca juga : Obrolan Kampung Di Ternate Sebut Anies Capres 2024 Paling Layak

Serta penampilan band Kotak dan d'Masiv di penghujung acara. ■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.